PEMBELAJARAN SBdP DALAM ASPEK SENI TARI PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 2 BATURITI KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN

NI LUH GEDE ELI PUSPITA SARI, - (2021) PEMBELAJARAN SBdP DALAM ASPEK SENI TARI PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 2 BATURITI KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103161_Ni Luh Gede Eli Puspita Sari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
PEMBELAJARAN SBdP DALAM ASPEK SENI TARI PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 2 BATURITI KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN
NI LUH GEDE ELI PUSPITA SARI
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: elipuspita03@gmail.com
Melalui pembelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) yang diberikan di sekolah, dapat dijadikan sebagai dasar pendidikan dalam membentuk jiwa dan kepribadian yang berakhlak mulia. Pembelajaran seni tari dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi dasar motorik halus yang sesuai dengan masa perkembangan peserta didik di sekolah dasar yang bersifat polos, unik, dinamis, kreatif, dan spontanitas. Akan tetapi di masa pandemi seperti ini, semua pembelajaran berlangsung secara daring untuk mencegah terjadinya penularan virus corona atau Covid-19.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (2) Apa kendala yang dihadapi pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (2) Mengetahui kendala yang dihadapi pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (3) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori: (1) Teori Perkembangan Kognitif, Teori Behaviorisme, dan Teori Konstruktivisme. Metode pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, Studi Kepustakaan, dan Dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif, Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi dilaksanakan melalui tiga komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi meliputi kendala guru, kendala siswa, dan kendala orang tua. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu mengirimkan video pembelajaran,
vii
mengirimkan PowerPoint, kunjungan ke siswa, dan bantuan kuota dari pemerintah.
Kata kunci: pembelajaran, SBdP, seni tari, masa pandemi

ABSTRACT
SBdP LEARNING IN DANCE ASPECTS DURING THE PANDEMIC AT SD NEGERI 2 BATURITI KERAMBITAN DISTRICT TABANAN REGENCY
NI LUH GEDE ELI PUSPITA SARI
Elementary School Teacher Education Study Program
Department of Elementary School Teacher Education Faculty of Dharma Acarya State Hindu University I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: elipuspita03@gmail.com
Through SBdP (Art, Culture and Craft) learning given in schools, it can be used as a basis for education in shaping the soul and personality of noble character. Dance learning can be used as a means to develop basic fine motor competencies in accordance with the developmental period of students in elementary schools that are plain, unique, dynamic, creative, and spontaneous. However, during a pandemic like this, all learning takes place online to prevent transmission of the corona virus or Covid-19.
The problems discussed in this study are: (1) How is SBdP learning in dance aspects during the pandemic at SD Negeri 2 Baturiti Kerambitan District Tabanan Regency, (2) What are the obstacles faced in SBdP learning in dance aspects during the pandemic at SD Negeri 2 Baturiti Kerambitan District Tabanan Regency, (3) What are the efforts made to overcome obstacles in SBdP learning in the aspect of dance during the pandemic at SD Negeri 2 Baturiti Kerambitan District Tabanan Regency. This study aims to: (1) find out the SBdP learning in dance aspects during the pandemic at SD Negeri 2 Baturiti Kerambitan District Tabanan Regency, (2) find out the obstacles faced in SBdP learning in dance aspects during the pandemic at SD Negeri 2 Baturiti Kerambitan District Tabanan Regency, (3) Knowing the efforts made to overcome obstacles in SBdP learning in the aspect of dance during the pandemic at SD Negeri 2 Baturiti Kerambitan District Tabanan Regency.
The theory used to analyze the problem is the theory: (1) Cognitive Development Theory, Behaviorism Theory, and Constructivism Theory. Methods of data collection using the method of Observation, Interview, Literature Study, and Documentation. This type of research is a qualitative research, this research is located in SD Negeri 2 Baturiti Kerambitan District Tabanan Regency.
The results of the study showed the following: (1) SBdP learning in the aspect of dance during the pandemic was carried out through three components, namely planning, implementation, and evaluation of learning. (2) Obstacles faced in SBdP learning in the aspect of dance during the pandemic include teacher constraints, student constraints, and parental constraints. (3) Efforts were made to overcome obstacles, namely sending learning videos, sending PowerPoints, visits to students, and quota assistance from the government.
Keywords: learning, SBdP, dance, pandemic period

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:42
Last Modified: 21 Oct 2025 01:42
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item
View Item