PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SD NO. 1 PANGSAN, KECAMATAN PETANG, KABUPATEN BADUNG

I MADE KANA SUMINGGA, - (2021) PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SD NO. 1 PANGSAN, KECAMATAN PETANG, KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103162_I Made Kana Sumingga.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK
PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SD NO. 1 PANGSAN, KECAMATAN PETANG, KABUPATEN BADUNG
I MADE KANA SUMINGGA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: Suminggakana@gmail.com
Pendidikan karakter adalah upaya untuk memajukan pikiran, jasmani dan budi pekerti peserta didik agar selaras dengan alam dan lingkungan sekitar. Pengembangan gerakan PPK bersumber dari Pancasila yang terdiri dari karakter religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan gotong royong. Sikap disiplin dalam penguatan pendidikan karakter termasuk nilai mandiri dimana seseorang dikatakan mandiri apabila pribadi atau seseorang dapat melaksanakan sesuatu dengan adanya kedisiplinan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan penguatan karakter dalam membentuk sikap disiplin siswa, (2) kendala dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap disiplin siswa, dan (3) upaya dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap disiplin siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori karakter dan teori behaviorisme. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa di Sekolah Dasar No. 1 Pangsan.
Hasil penelitian yang dilaksanakan adalah (1) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap disiplin siswa yang meliputi (a) program penguatan pendidikan karakter, (b) penerapan aturan disiplin, (c) pelibatan orang tua dalam pelaksanaan disiplin, (d) peran komite dalam pelaksanaan disiplin. (2) kendala dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap disiplin siswa meliputi (a) faktor internal dan (b) faktor eksternal. (3) upaya dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap disiplin siswa meliputi (a) pemberlakuan aturan disiplin, (b) pemberian sanksi kepada peserta didik yang melanggar, (c) penanaman kesadaran disiplin pada peserta didik, (d) menggalakkan keteladanan guru dalam menumbuhkan disiplin peserta didik.
Kata Kunci: Penerapan, Penguatan, Pendidikan Karakter, Sikap Disiplin

ABSTRACT
PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SD NO. 1 PANGSAN, KECAMATAN PETANG, KABUPATEN BADUNG
I MADE KANA SUMINGGA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: Suminggakana@gmail.com
Character education is an effort to advance the students mind, body and character to be in harmony with nature and the surrounding environment. The development of the PPK movement stems from Pancasila which consists of religious characters, nationalism, integrity, independence and mutual cooperation. Discipline in strengthening character education includes independent values where a person is said to be independent if a person or someone can do something with discipline.
The objectives of this study are (1) to determine the application of character strengthening in shaping student discipline attitudes, (2) obstacles in the implementation of strengthening character education in shaping student discipline attitudes, and (3) efforts in implementing character education strengthening in shaping student discipline attitudes in schools. Base. This study uses a descriptive qualitative research design using character theory and behaviorism theory. The method used is observation, interviews, documentation, and literature. The subjects in this study were principals, teachers, parents and students at Elementary School No. 1 portion.
The results of the research carried out were (1) the implementation of strengthening character education in shaping student discipline attitudes which included (a) character education strengthening programs, (b) application of disciplinary rules, (c) parental involvement in the implementation of discipline, (d) the role of the committee in discipline implementation. (2) obstacles in implementing character education strengthening in shaping student discipline attitudes include (a) internal factors and (b) external factors. (3) efforts in implementing character education strengthening in shaping student discipline attitudes include (a) enforcement of disciplinary rules, (b) sanctions for students who violate, (c) instilling disciplinary awareness in students, (d) promoting teacher exemplary in foster student discipline.
Keywords: Application, Strengthening, Character Education, Discipline

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:42
Last Modified: 21 Oct 2025 01:42
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item
View Item