NI KOMANG APRIANI YUKI, - (2021) PENGENALAN HEWAN HERBIVORA MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR HEWAN UNTUK MENGEFEKTIFKAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TUNANETRA DI SLB NEGERI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171103166_Ni Komang Apriani Yuki.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGENALAN HEWAN HERBIVORA MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR HEWAN UNTUK MENGEFEKTIFKAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TUNANETRA DI SLB NEGERI 1 DENPASAR
NI KOMANG APRIANI YUKI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: yukiapri97@gmail.com
Media merupakan alat peraga yang digunakan untuk mengajar. Guru dituntut untuk mampu memilih media yang bersahaja, Murah, Dan mudah ditemukan. Dalam mengajar siswa tunanetra perlu adanya sebuah media yang dapat di sentuh atau diraba. Oleh karna itu peneliti memperkenalkan miniatur hewan sebagai media dalam pembelajaran IPA.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dalam Penelitian ini ada dua permasalahan yang akan dibahas antara lain : (1) bagaimana strategi guru mengaplikasikan media miniatur hewan kepada siswa sekolah dasar tunanetra di SLB Negeri 1 Denpasar. (2) bagaimana efektivitas media miniatur hewan dalam proses pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar tunanetra di SLB Negeri 1 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah yaitu : (1) teori belajar kognitif. (2) teori belajar behavioristik. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah : Kepala Sekolah, Guru dan Siswa di SLB Negeri 1 Denpasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : Metode observasi, Wawancara, Kepustakaan, dan Dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah : purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Strategi guru dalam mengaplikasikan media miniatur hewan kepada siswa sekolah dasar tunanetra di SLB Negeri 1 Denpasar menggunakan satu pendekatan yaituu pendekatan kontekstual, dan menggunakan empat metode pembelajaran yaitu: Metode ceramah, metode Tanya jawab, metode demonstrasi dan metode pemberian tugas.. Efektivitas media miniatur hewan dalam proses pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar tunanetra di SLB Negeri 1 Denpasar yaitu : dengan adanya media miniatur hewan dapat menciptakan beberapa hal antara lain : (1) tercapainya tujuan pembelajaran. (2) siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. (3) siswa lebih semangat untuk belajar mapel IPA. (4) terciptanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa.
Kata Kunci: Media, Miniatur Hewan, Efektifitas
ABSTRACK
PENGENALAN HEWAN HERBIVORA MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR HEWAN UNTUK MENGEFEKTIFKAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TUNANETRA DI SLB NEGERI 1 DENPASAR
NI KOMANG APRIANI YUKI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: yukiapri97@gmail.com
Media is a teaching aid used to teach. Teachers are required to be able to choose media that are simple, inexpensive, and easy to find. In teaching blind students, it is necessary to have a media that can be touched or touched. Therefore, the researchers introduced miniature animals as a medium in science learning.
Based on the above background, in this study there are two problems that will be discussed, among others: (1) how is the teacher's strategy to apply miniature animal media to blind elementary school students at SLB Negeri 1 Denpasar. (2) how is the effectiveness of animal miniature media in the science learning process for blind elementary school students at SLB Negeri 1 Denpasar.
The theory used to analyze the problem formulation are: (1) cognitive learning theory. (2) behavioristic learning theory. This type of research is qualitative. The subjects in this study were: Principals, Teachers and Students at SLB Negeri 1 Denpasar. The data collection methods used are: Observation, Interview, Literature, and Documentation methods. The informant determination technique used is: purposive sampling. Data analysis methods used in this study include: data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verification.
The teacher's strategy in applying animal miniature media to blind elementary school students at SLB Negeri 1 Denpasar uses one approach, namely a contextual approach, and uses four learning methods, namely: lecture method, question and answer method, demonstration method and assignment method. Effectiveness of animal miniature media in the process of learning science for blind elementary school students at SLB Negeri 1 Denpasar, namely: the presence of miniature animal media can create several things, including: (1) achieving learning objectives. (2) students are more active in participating in the learning process. (3) students are more enthusiastic about learning science subjects. (4) the creation of two-way communication between teachers and students.
Keywords: Media, Miniature Animals, Effectiveness
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username isma |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:42 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:42 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/529 |

