PERAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KENONGO KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2020/2021

JUWITA, - (2021) PERAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KENONGO KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103171_Juwita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
PERAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KENONGO KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2020/2021
JUWITA
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: juwita.bahar2509@gmail.com
Penelitian ini membahas tentang peran motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kenongo Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. Alasan peneliti membahas masalah ini karena motivasi dari orang tua sangat berperan penting dalam hasil belajar anak serta anak lebih semangat dalam belajar. Dalam kenyataannya orang tua siswa sibuk bekerja dan masih memberikan motivasi yang tidak dilakukan setiap hari, bentuk motivasi orang tua yang diberikan masih bentuk nasehat secara lisan dan anak masih mendapatkan arahan dari orang tua sehingga anak kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran disekolah maupun dirumah.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana peran orang tua dalam memberikakn motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Kenongo Kecamatn Gucialit Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. 2) Apakah kendala orang tua dalam memberikan motivasi siswa kelas V SD Negeri Kenongo Kecamatn Gucialit Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. 3) bagaimana dampak motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kenongo Kecamatn Gucialit Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peran orang tua , memaparkan kendala orang tua dan menguraikan dampak motivasi orang tua terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori peran, teori behaviorisme, dan teori motivasi. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran yang dilakukan orang tua dalam pemberian motivasi yaitu orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai fasilitator, dan orang tua sebagai motivator, adapun bentuk motivasi yang diberikan kepada anak adalah hadiah, pujian dan hukuman. Berdasarkan analisis data bahwa peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar sangat baik. 2) Kendala orang tua dalam pemberian motivasi datang dari faktor anak yaitu kurang rutinitas anak dalam belajar dan faktor orang tua yaitu pekerjaan orang tua. Upaya mengatasi kendala yang dihadapi, orang tua sering menasehati setiap hari, berkerja keras untu memenuhui kebutuhan yang paling utama, memberikan perhatian, dan menyampaikan hal positif dan negatif bermain dilingkungan masyarakat. 4) dampak motivasi orang tua terhadap hasil belajar dapat dilihat dari tiga ranah yaitu : a) Ranah Afektif anak menjadi percaya diri pada saat dikelas, berani bertanya dan menghormati teman bermain serta anggota keluarga b) Ranah Kognitif anak menjadi cepat mengerti dan mudah menjawab pertanyaan guru c) Ranah Psikomotorik anak mampu membuat kesimpulan sendiri dalam pembelajaran dengan kreatif dan berfikir kritis. Selain dampak dilihat dari tiga ranah tersebut motivasi orang tua berdampak lain seperti anak merasa orang tua peduli, diperhatikan oleh orang tua, semangat untuk berangkat sekolah dan anak menjadi disiplin.
Kata Kunci: Motivasi Orang Tua dan Hasil belajar

ABSTRACT
This study discusses the role of parental motivation on the learning outcomes of fifth grade students at Kenongo State Elementary School, Gucialit District, Lumajang Regency for the 2020/2021 Academic Year. The reason the researcher discusses this problem is because the motivation of parents plays an important role in children's learning outcomes and children are more enthusiastic in learning. In reality, parents are busy working and still provide motivation that is not done every day, the form of parental motivation given is still in the form of verbal advice and children still get directions from parents so that children are less enthusiastic in participating in learning at school and at home.
The problems discussed in this study are: 1) what is the role of parents in providing learning motivation for fifth grade students at SD Negeri Kenongo, Gucialit District, Lumajang Regency, for the 2020/2021 Academic Year. 2) What are the obstacles for parents in motivating fifth grade students of SD Negeri Kenongo, Gucialit District, Lumajang Regency for the 2020/2021 Academic Year. 3) how is the impact of parental motivation on the learning outcomes of fifth graders at SD Negeri Kenongo, Gucialit District, Lumajang Regency, for the 2020/2021 Academic Year. This study aims to describe the role of parents, describe parental constraints and describe the impact of parental motivation on learning outcomes. This research is a qualitative research. The theories used to analyze this problem are role theory, behaviorism theory, and motivation theory. The technique of determining the informants used purposive sampling. Methods of collecting data using the method of observation, interviews, document studies, and literature studies.
The results showed that: 1) the roles played by parents in providing motivation were parents as educators, parents as facilitators, and parents as motivators, while the forms of motivation given to children were gifts, praise and punishment. Based on data analysis that the role of parents in providing motivation to learn is very good. 2) Parents' constraints in providing motivation come from the child's factor, namely the child's lack of routine in learning and the parental factor, namely the parent's job. In an effort to overcome the obstacles faced, parents often advise every day, work hard to meet the most important needs, give attention, and convey positive and negative things about playing in the community. 4) the impact of parental motivation on learning outcomes can be seen from three domains, namely: a) Affective domain children become confident in class, dare to ask and respect playmates and family members b) Cognitive domain children become quick to understand and easy to answer teacher questions c) Psychomotor domain children are able to make their own conclusions in learning creatively and think critically. In addition to the impact seen from the three domains, the motivation of parents has other impacts such as children feeling their parents care, being cared for by parents, enthusiasm for going to school and children being disciplined.
Keywords: Parents' Motivation and Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:43
Last Modified: 21 Oct 2025 01:43
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item
View Item