NI MADE ULANDARI, - (2021) IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103172_Ni Made Ulandari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN BANGLI
NI MADE ULANDARI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gustu Bagus Sugriwa Denpasar Email : Ulannnnn9@gmail.com
Pendidikan agama Hindu tentunya sangat penting diajarkan dan ditanamkan pada setiap siswa, Ajaran Tri Kaya Parisudha adalah salah satu ajaran agama Hindu yang berperan penting dalam membentuk karakter dan tingkah laku siswa trutama dalam membiasakan untuk berpikir yang baik “Manacika”, berkata yang baik “Wacika” dan berbuat perbuatan yang baik “Kayika”. Meskipun dalam keadaan pandemi covid-19 seperti sekarang ini, sekolah diharapkan mampu untuk tetap melakukan proses pembelajaran sehingga pengimplementasian ajaran Tri Kaya Parisudha tetap dapat berjalan. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model daring atau dalam jaringan, namun keadaan siswa di SD Negeri 5 Kawan memiliki keadaan siswa yang heterogen atau kondisi sosialnya berbeda- beda sehingga implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran daring ini menjadi kurang efektif dikarenkan tidak semua siswa mampu mengikuti pembelajaran karena beberapa faktor sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses belajar Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran daring di SD Negeri 5 Kawan? 2) Apa Strategi yang digunakan dalam implementasi Ajaran Tri Kaya Prisudha dalam Pembelajaran daring di SD Negeri 5 Kawan? 3) Apa dampak pembelajaran Tri Kaya Parisudha terhadap siswa di SD Negeri 5 Kawan?
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah tersebut adalah Teori behaviorisme (stimulus dan respon). Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 5 Kawan yang terletak di Br. Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatf, dan sumber data adalah data primer dan data sekunder, Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, kepustakaann, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data maka diperoleh antara lain, proses belajar Tri Kaya Parisudha mencangkup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kemudian strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran kognitif dan strategi kooperatif, serta dampak pembelajaran Tri Kaya Parisudha yakni Meningkatkan Pemahaman Ajaran Tri Kaya Parisudha, Meningkatkan hasil Belajar siswa dan meningkatkan Sikap dan Perilaku siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Ajaran Tri Kaya Parisudha, dan Pembelajaran Dalam Jaringan
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF TRI KAYA PARISUDHA TEACHINGS IN THE NETWORK LEARNING PROCESS AT THE STATE ELEMENTARY SCHOOL 5 KAWAN BANGLI
NI MADE ULANDARI
Elementary School Teacher Education Department Faculty of Dharma Acarya
I Gusti Bagus Sugriwa State Hindu University Denpasar Email : Ulannnnn9@gmail.com
Hindu religious education is of course very important to be taught and instilled in every student, the Tri Kaya Parisudha Teaching is one of the Hindu religious teachings that plays an important role in shaping the character and behavior of students, especially in getting used to thinking well "Manacika", saying good "Wacika" and do good deeds “Kayika”. Even though in the current state of the COVID-19 pandemic, schools are expected to be able to continue the learning process so that the implementation of the Tri Kaya Parisudha teachings can still run. The learning model that can be used is an online model or in a network, but the situation of students at SD Negeri 5 Kawan has heterogeneous student conditions or different social conditions so that the implementation of Tri Kaya Parisudha teachings in online learning is less effective because not all students are able to follow learning due to several social factors. The formulation of the problem in this study is 1) How is the learning process of Tri Kaya Parisudha in online learning at SD Negeri 5 Kawan? 2) What are the strategies used in implementing the Tri Kaya Prisudha Teachings in online learning at SD Negeri 5 Kawan? 3) What is the impact of Tri Kaya Parisudha's learning on students at SD Negeri 5 Kawan?
The theory used to analyze the formulation of the problem is the theory of behaviorism (stimulus and response). This research took place at SD Negeri 5 Kawan which is located in Br. Friends, Bangli District, Bangli Regency, Bali Province. This type of research is qualitative research, and the data sources are primary data and secondary data. The techniques used to collect data are observation, interviews, literature, and documentation. Based on data analysis, it is obtained, among others, that the learning process of Tri Kaya Parisudha includes the planning stage, implementation stage and evaluation stage. Then the learning strategies used are cognitive learning strategies and cooperative strategies, as well as the learning impact of Tri Kaya Parisudha, namely increasing understanding of Tri Kaya Parisudha's teachings, increasing student learning outcomes and improving student attitudes and behavior.
Keywords : Implementation, Tri Kaya Parisudha Teachings, and Online Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:43 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/533 |