NI WAYAN SARI APRILIA UTAMI, - (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BATURITI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103174_Ni Wayan Sari Aprilia Utami.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA BATURITI
NI WAYAN SARI APRILIA UTAMI Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu Fakultas Dharma Acarya
UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar apriliautami9897@gmail.com
Pandemi covid 19 menyebabkan perubahan proses pembelajaran, sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan terutama dalam menerapkan pembelajaran di rumah. Masalah yang dibahas dalam penelititan ini adalah: 1) bagaimana peranan orang tua dalam menerapkan pembelajaran anak di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Baturiti, 2) kendala yang dialami oleh orang tua dalam membimbing anak dalam menerapkan pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Baturiti, dan 3) bagaimana upaya orang tua dalam menerapkan pembelajaran anak di rumah pada masa Pandemi Covid-19 di Desa Baturiti.
Jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah, observasi langsung nonpartisipan, wawancara langsung tidak tersrtruktur, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adala Purposive Sampling, selanjutnya data yang diperoleh diolah melalui langkah-langkah Reduksi data, verifikasi dan penyajian data, dari analisis yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil: 1) peranan orang tua di dalam menerapkan pembelajaran anak di rumah pada masa pandemi covid-19 adalah mendidik yang dilakukan dengan memberikan semangat dan menemani anak saat jam pelajaran di pagi hari ataupun menyediakan waktu senggang untuk menemani anak belajar, memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran di rumah dengan menyediakan fasilitas belajar dan orang tua yang mencoba menjadi fasilitator ketika anak menemui kesulitan, dan memotivasi anak dengan meberikan hadiah berupa tambahan uang jajan serta memberikan waktu untuk bermain menggunakan handphone, 2) kendala yang di hadapi oleh orang tua dalam menerapkan pembelajaran anak di rumah pada masa pandemi covid-19 yaitu: kesulitan dalam menyampaikan materi, anak susah memahami materi, sulit mengarahkan anak belajar dan fasilitas yang kurang memadai, 3) upaya yang di lakukan orang tua sangat beragam di dalam menerapkan pembelajaran di rumah diantaranya dengan manajemen waktu, mempelajari lebih awal materi atau tugas yang akan disampaikan kepada anak dan memanfaatkan fasilitas umum seperti wifi yang ada di balai banjar ketika terkendala dengan jaringan internet.
Kata kunci : Orang tua, Anak, pembelajaran di rumah
ABSTRACT
PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA BATURITI
NI WAYAN SARI APRILIA UTAMI Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu Fakultas Dharma Acarya
UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar apriliautami9897@gmail.com
The COVID-19 pandemic has caused changes in the learning process, so the role of parents is needed, especially in implementing learning at home. The problems discussed in this research are: 1) what is the role of parents in implementing children's learning at home during the covid-19 pandemic in Baturiti Village, 2) the obstacles experienced by parents in guiding children in implementing learning at home during the covid-19 pandemic in Baturiti Village, and 3) how are the efforts of parents in implementing children's learning at home during the Covid 19 Pandemic in Baturiti Village.
Types of qualitative research with data collection methods used to obtain data in this study are non-participant direct observation, unstructured direct interviews, and documentation. The information technique used is purposive sampling, further data obtained through the steps of data reduction, leveraging and data presentation, from the analysis carried out in this study the results obtained: 1)
the role of parents in implementing children's learning at home during the covid-19 pandemic. 19 is educating which is done by encouraging and accompanying children during lessons in the morning or providing free time to accompany children to study, facilitating the implementation of learning at home by providing learning facilities and parents who facilitate when children encounter difficulties, and motivating children by giving gifts. in the form of additional pocket money and providing time to play using mobile phones, 2) obstacles faced by parents in implementing children's learning at home during the covid-19 pandemic, namely: difficulty in conveying material, children find it difficult to understand material, difficult to direct children to study and lack of facilities adequate, 3) the efforts made by parents are very diverse in implementing learning at home including time management, early learning of materials or assignments to be delivered to children and utilizing public facilities such as wifi in the banjar hall when constrained by the internet network.
Keywords: Parents, Child, Learning at home
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:43 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/534 |