I MADE BAYU SAPUTRA, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS III DI SD SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103175_I Made Bayu Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 3 DI SD SARASWATI 1 DENPASAR
I MADE BAYU SAPUTRA
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar E-mail : bayusa12345@gmail.com
Media adalah alat yang digunakan untuk penunjang dalam proses belajar mengajar yang digunakan sebagai bentuk bantuan dalam menjelaskan suatu materi yang sulit untuk dijelaskan dengan menggunakan kata-kata verbal. Salah satu media yang bisa membantu guru adalah media animasi. Media animasi merupakan media dengan kumpulan gambar yang bergerak dan dilengkapi oleh audio sehingga bisa memberikan kesan hidup dan juga menyimpan pesan-pesan sesuai dengan materi yang dimasukan ke dalam media tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media animasi di tengah masa daring pada kelas III di SD Saraswati 1 Denpasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian True Experimental Design dengan desain penelitian Non-equivalent Posttest only control group design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III dengan jumlah 2 kelas, yaitu kelas III A dengan jumlah sampel 39 siswa yang akan diberikan perlakuan menggunakan media animasi dalam pembelajaran IPA. Data yang dikumpulkan diperoleh dari penyebaran test pilihan ganda dan di analisis menggunakan uji t.
Hasil analisis dari perhitungan pada penelitian ini dapat disimpulkan dari Hasil hitung belajar kelompok kontrol diperoleh rata-rata sebesar 73,71. Hasil hitung belajar kelompok eksperimen diperoleh rata rata 81,28, setelah itu dilakukan uji t diperoleh thitung = 4,595 dan ttabel 1,993, dapat dikatakan thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar muatan IPA siswa kelas III SD Saraswati 1 Denpasar. Selain perhitungan uji t perbedaan dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata pada kelompok posttest eksperimen rata-rata yang diperoleh sebesar 81,28 sedangkan pada kelompok posttest kontrol rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 73,71. Dari hasil tersebut diperoleh beda rata-rata sebesar 7,56. Dilihat dari perbandingan beda rata-rata posttest maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan media animasi memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan hasil belajar IPA
Kata Kunci : Media Animasi, Hasil Belajar Pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:43 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/535 |