STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER YOGA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD NEGERI 13 SESETAN DENPASAR

NI LUH PUTU YULIANI, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER YOGA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD NEGERI 13 SESETAN DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
141111041_Ni Luh Putu Yuliani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER YOGA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA
SD NEGERI 13 DENPASAR
NI LUH PUTU YULIANI
Program Studi Pendidikan Agama Hindu Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar E-mail : yulianiulik1@gmail.com
Pembelajaran sangat membutuhkan pemahaman agar memperoleh output yang baik, oleh karena itu wajib menggunakan strategi yang tepat dan efektik untuk memperoleh output yang baik. Akan tetapi dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini, konsentrasi belajar siswa tidak serta merta dapat dimiliki oleh siswa. Oleh sebab itu SD Negeri 13 Sesetan mempunyai strategi berupa pembiasaan serta active learning untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa serta menumbuhkan karakter siswa di SD Negeri 13 Sesetan. Yoga adalah salah satu ekstrakurikuler sebagai media untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Berdasarkan dengan penjelasan tersebut, penulis mengkaji beberapa hal dalam penelitian diantaranya 1) Bagaimanakah proses pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dalam pengembangan karakter siswa SD Negeri 13 Sesetan Denpasar? 2) Kendala-kendala apa saja yang ada dalam pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dalam pengembangan karakter siswa di SD Negeri 13 Sesetan Denpasar? 3) Upaya apa yang dilakukan guna menangani kendala-kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dalam pengembangan karakter siswa di SD Negeri 13 Sesetan Denpasar?. Teori dalam menganalisis rumusan masalah menggunakan Teori Behavioristik, Teori Nilai dan Teori Konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara keperpustakaan dan studi dokumen dengan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah – langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) Proses ekstrakurikuler yoga berjalan sebagaimana terjadwal dengan banyak manfaat yang didapat termasuk meningkatkan konsentrasi belajar mengajar siswa serta peningkatan karakter dari sebuah kebiasaan yoga. 2) kendala yang dihadapi saat melaksanakan kegiatan yoga berasal dari faktor internal dan eksternal. 3) Upaya SD Negeri 13 Sesetan dalam melaksanakan kegiatan yoga dengan memfasilitasi kegiatan yoga agar tidak memberatkan orang tua serta meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Yoga, Karakter Siswa.

ABSTRACT
EXTRACURRICULAR LEARNING STRATEGY OF YOGA IN DEVELOPING CHARACTERS OF STUDENTS
OF SD Negeri 13 DENPASAR
NI LUH PUTU YULIANI
Study Program of Hindu Religious Education Department of Religious Education Faculty of Dharma Acarya Denpasar State Hindu Dharma Institute
E-mail: yulianiulik1@gmail.com
Learning really requires understanding in order to get good output, therefore it is mandatory to use appropriate and effective strategies to obtain good output. However, with the current development of Science and Technology, student concentration in learning does not necessarily belong to students. Therefore SD Negeri 13 Sesetan has a strategy in the form of habituation and active learning to increase student concentration and foster student character at SD Negeri 13 Sesetan. Yoga is an extracurricular activity as a medium to increase student concentration in learning. Based on this explanation, the writer examines several things in the research including 1) How is the process of implementing extracurricular yoga in character development for students of SD Negeri 13 Sesetan Denpasar? 2) What are the obstacles in the implementation of extracurricular yoga in developing the character of students at SD Negeri 13 Sesetan Denpasar? 3) What efforts were made to overcome the obstacles in the implementation of extracurricular yoga in developing student character at SD Negeri 13 Sesetan Denpasar? Theory in analyzing problem formulation uses Behavioristic Theory, Value Theory and Constructivism Theory. The method used in data collection is the method of observation, library interviews and document studies by determining informants using purposive sampling. The data analysis used was descriptive qualitative analysis with data reduction steps and drawing conclusions. The results showed 1) The extracurricular yoga process runs as scheduled with many benefits including increasing the concentration of student teaching and learning as well as improving the character of a yoga habit. 2) the obstacles faced when carrying out yoga activities come from internal and external factors. 3) SD Negeri 13 Sesetan's efforts in carrying out yoga activities by facilitating yoga activities so as not to burden parents and increase the competence of educators.
Keywords: Yoga Learning Strategies, Student Character.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:43
Last Modified: 21 Oct 2025 01:43
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item
View Item