PERANAN PASRAMAN SRI NAHHUNA DHANTHA DALAM MENINGKATKAN SRADHA DAN BHAKTI PADA GENERASI MUDA HINDU DESA APUAN KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN (Perspektif Filsafat Sosial)

NI WAYAN EKA YANI, - (2023) PERANAN PASRAMAN SRI NAHHUNA DHANTHA DALAM MENINGKATKAN SRADHA DAN BHAKTI PADA GENERASI MUDA HINDU DESA APUAN KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN (Perspektif Filsafat Sosial). Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1912091017_NI WAYAN EKA YANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Pasraman merupakan lembaga pendidikan non formal yang memfokuskan pada pembelajaran agama Hindu. Selain itu Pasraman juga dijadikan sebagai lembaga pelestarian budaya Bali dan menjaga eksistensi budaya Bali. Pasraman berfungsi sebagai wadah untuk melahirkan generasi muda Hindu yang memiliki kualitas seperti yang diharapkan, misalnya memiliki akhlak dan karakter yang positif, serta berbudi pekerti yang luhur. Selain itu, pasraman mengajarkan nilai- nilai agama Hindu yang dapat dijadikan sebagai tuntunan hidup dalam kehidupan bermasyarakat. Pasraman Sri Nahhuna Dhanta menjadi salah satu wadah bagi generasi muda Hindu agar mampu meningkatkan Sradha dan Bhakti.
Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah pertama, bagaimana peranan Pasraman Sri Nahhuna Dhanta dalam meningkatkan sradha dan bhakti. Kedua, Bagaimana transformasi nilai di Pasraman Sri Nahhuna Dhantha. Ketiga, Bagaimana implikasi Pasraman Sri Nahhuna Dhanta dalam kehidupan masyarakat Desa Apuan Kecamatan Baturiti, Kabupaten abanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan proses pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan, instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dan alat yang membantu proses penelitian. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian ini memaparkan tentang peranan Pasraman Sri Nahhuna Dhantha yang sangat besar manfaatnya dalam mengarahkan generasi muda Hindu agar selalu ingat akan keberadaannya. Pasraman Sri Nahhuna Dhantha mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan pendidikan Agama Hindu kepada generasi muda Hindu secara mantap sehingga mampu meningkatkan keyakinan (sradha dan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi). Dalam kegiatan proses belajar mengajar agama hindu di Pasraman Sri Nahhuna Dhantha dipergunakan strategi pembelajaran Sad Dharma, yaitu: Strategi Dharma Wacana, Dharma Gita, Dharma Tula, Dharma Santih, Dharma Yatra dan Dharma Shadana. Transformasi nilai di Pasraman ini dilakukan melalui pemberian materi pengantar agama Hindu, Yoga Asanas, dan Budi Pekerti. Dampak positif yang generasi muda Hindu rasakan ketika mengikuti kegiatan pemebelajaran di Pasraman Nahhuna Dhantha antara lain dalam hal pengetahuan tentang agama, perubahan dalam intensitas ibadah, dan perubahan terhadap hasil belajar.
Kata kunci : Pasraman, Sradha dan Bhakti, Generasi Muda Hindu

ABSTRACT
Pasraman is a non-formal educational institution that focuses on Hindu religious learning. In addition, Pasraman is also used as an institution for preserving Balinese culture and maintaining the existence of Balinese culture. Pasraman serves as a place to give birth to the younger generation of Hindus who have the expected qualities, such as having positive morals and character, and noble ethics. In addition, pasraman teaches Hindu religious values that can be used as a guide to life in community life. Pasraman Sri Nahhuna Dhanta is one of the platforms for the younger generation of Hindus to be able to improve Sradha and Bhakti.
The research question asked is first, how is the role of Pasraman Sri Nahhuna Dhanta in increasing sradha and bhakti. Second, How is the transformation of values in Pasraman Sri Nahhuna Dhantha. Third, What are the implications of Pasraman Sri Nahhuna Dhanta in the lives of the people of Apuan Village, Baturiti District, Abbanan Regency. This research uses qualitative methods with the process of collecting data through interviews, documentation and observation. The data sources used in this study are primary data and secondary data. Meanwhile, the research instruments used are the researchers themselves and tools that help the research process. The data analysis technique used in this study is descriptive.
The results of this study explain the role of Pasraman Sri Nahhuna Dhantha which is very useful in directing the younger generation of Hindus to always remember its existence. Pasraman Sri Nahhuna Dhantha has a very important role in providing Hindu education to the younger generation of Hindus steadily so as to increase confidence (sradha and devotion to Ida Sang Hyang Widhi). In the teaching and learning process of Hinduism in Pasraman Sri Nahhuna Dhantha, Sad Dharma learning strategies are used, namely: Dharma Wacana Strategy, Dharma Gita, Dharma Tula, Dharma Santih, Dharma Yatra and Dharma Shadana. The transformation of values in Pasraman is carried out through the provision of introductory material to Hinduism, Yoga Asanas, and Ethics. The positive impact that the younger generation of Hindus feel when participating in learning activities at Pasraman Nahhuna Dhantha includes knowledge about religion, changes in the intensity of worship, and changes to learning outcomes.
Keywords: Pasraman, Sradha and Bhakti, Hindu Youth

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Brahma Widya > S1 - Filsafat Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:48
Last Modified: 21 Oct 2025 01:48
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item
View Item