MADE AWANDA RADITA SEDAYU, - (2023) STRATEGI PEMASARAN MUSEUM LE MAYEUR SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1913081022_MADE AWANDA RADITA SEDAYU 1913081022.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Museum Le Mayeur merupakan salah satu museum yang ada di Bali yang terdaftar
di Asosiasi Museum Indonesia pusat. Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum Bali
mengelola Museum Le Mayeur sebagai sebuah museum yang mengoleksi seni lukis dan
juga museum memorial. Pengunjung di Museum Le Mayeur mengalami penurunan pada
tahun 2017 jumlah pengunjung museum Le Mayeur adalah 5000 orang, kemudian pada
tahun 2018 adalah sebanyak 4662 orang, 2019 jumlah pengunjungnya adalah 3584, 2020
mengalami penurunan drastis dengan jumlah wisatawan hanya 766 orang dan jumlah itu
tetap berkurang menjadi 125 orang pada tahun 2021. Berdasarkan latar belakang tersebut,
maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) Karakteristik wisatawan yang
berkunjung ke Museum Le Mayeur. 2) Potensi yang dimiliki Museum Le Mayeur sebagai
daya tarik wisata. 3) Strategi pemasaran Museum Le Mayeur sebagai daya tarik wisata.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Teori yang digunakan pada
penelitian ini adalah teori Perilaku Wisatawan, teori Komponen Pariwisata terdiri dari 6A
(Attraction, Activity, Amenities, Ancillary, Accessibility, dan Available), dan teori Bauran
Pemasaran terdiri dari 7P (Product, Price, Promotions, People, Place, Process, Physical
Evidence) teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 100 orang
responden.
Hasil Penelitian karakteristik wisatawan berdasarkan karakteristik sosio
demografis dilihat dari jenis kelamin yang lebih dominan mengunjungi adalah laki-laki
dengan persentase 57%, kemudian umur rata-rata 35 - 47 tahun sebanyak 34%, status
pernikahan 68% belum menikah, pendidikan terakhir perguruan tinggi 86%, pekerjaan
sebsebagai karyawan swasta 66%. Berdasarkan karakteristik sosio geografis wisatawan
terbanyak berasal dari luar negeri dengan persentase 70% dengan wisatawan dari Eropa
terbanyak yaitu 38%. Karakteristik berdasarkan sosio psikografis wisatawan mendapatkan
sumber informasi 80% melalui lisan dengan frekuensi kunjungan pertama kali 100%,
wisatawan menginap di Hotel/ Resort/ Villa dengan persentase 59%, moda transportasi
tertinggi adalah dengan jalan kaki sebanyak 65%, mode kunjungan wisatawan dengan
sendiri sebanyak 39%, tujuan kunjungan rekreasi sebanyak 92%, sifat kunjungan
wisatawan sebagai pelengkap 80%. Potensi yang dimiliki oleh Museum Le Mayeur adalah
pada Attraction, Amenities, Activity, Ancillary, Accessibility, dan Available. Strategi
pemasaran yang sudah diterapkan oleh Museum Le Mayeur adalah dengan minggunkan
bauran pemasaran 7P. Product yang sudah ada di sana adalah pameran tetap yang
memajang lukisan dan perabotan rumah tangga klasik, Price atau harga yang ditetapkan
sudah sesuai dengan umur dan asal kewarganegaraan wisatawan, Place atau lokasi Le
Mayeur sangat strategis berada di Pantai Sanur dan sudah dimanfaatkan dengan
memindahkan pintu masuk Museum langsung berada di tepi jalan setapak bagi wisatawan,
Promotion atau promosi yang dilakukan oleh Museum Le Mayeur melalui UPTD Museum
Bali adalah dengan cara penyuluhan langsung kepada siswa sekolah di Bali, dan melalui
website resmi UPTD Museum Bali, People atau orang yang berada atau bekerja di Museum
Le Mayeur berada dibawah Dinas Kebudayaan Provinsi Bali sehingga karyawan terdiri
dari PNS dan non-PNS, Process yang dilakukan oleh Museum Le Mayeur adalah pada saat
pemesanan tiket langsung di lokasi. Physical Evidance atau bukti fisik memiliki arsitektur
bangunan tradisional Bali dan lukisan autentik dari Le Mayeur.
Kata kunci : Museum, Strategi Pemasaran, Karakteristik Wisatawan
ABSTRACT
Le Mayeur Museum is one of the museums in Bali that is registered with the
Central Indonesian Museum Association. The Bali Museum Regional Technical
Implementation Unit manages the Le Mayeur Museum as a museum that collects paintings
and is also a memorial museum. visitors to the Le Mayeur Museum decreased in 2017 the
number of visitors to the Le Mayeur museum was 5000 people, then in 2018 there were as
many as 4662 people, 2019 the number of visitors was 3584, 2020 has decreased
drastically with the number of tourists only 766 people and that number will still decrease
to 125 people in 2021. Based on this background, the problems studied in this study are 1)
Characteristics of tourists visiting the Le Mayeur Museum. 2) The potential of the Le
Mayeur Museum as a tourist attraction. 3) Le Mayeur Museum’s marketing strategy as a
tourist attraction.
This research is qualitative research. The theory used in this study is the tourist
behavior theory, the tourism component theory consists of 6A (Attraction, Amenities,
Activity, Ancillary, Accessibility, and Available and the marketing mix theory consists of
7P (Product, Price, Promotions, People, Place, Process, Physical Evidence) data analysis
technique used is descriptive qualitative with 100 respondents.
The results of the research on tourist characteristics based on socio-demographic
characteristics seen from the sex that are more dominant visiting are men with a percentage
of 57%, then an average age of 35 - 47 years as much as 34%, marital status 68% single,
tertiary education 86 %, work as private employees 66%. Based on the socio-geographical
characteristics, most tourists come from abroad with a percentage of 70% with the most
tourists from Europe, namely 38%. Characteristics based on socio-psychographic tourists
get 80% of information sources through word of mouth with a frequency of first visits
100%, tourists stay at hotels/resorts/villas with a percentage of 59%, the highest mode of
transportation is walking as much as 65%, mode of visiting tourists by themselves 39%,
the purpose of recreational visits is 92%, the nature of tourist visits as a complement is
80%. The potential possessed by the Le Mayeur Museum is in Attraction, Amenities,
Activity, Ancillary, Accessibility, and Available. The marketing strategy that has been
implemented by the Le Mayeur Museum is to weekly the 7P marketing mix. The products
that are already there are permanent exhibitions displaying paintings and classic
household furniture. The price is set according to the age and nationality of the tourists.
The place or location of Le Mayeur is very strategic on Sanur Beach and has been utilized
by moving the entrance to the Museum. directly on the edge of the footpath for tourists, ,
Promotion or promotion carried out by the Le Mayeur Museum through the UPTD Museum
Bali is by direct counseling to school students in Bali, and through the official website of
the UPTD Museum Bali, People or people who are or work at the Le Mayeur Museum are
under the Bali Provincial Culture Office so that employees consist of civil servants and
non-PNS, the process carried out by the Le Mayeur Museum is when ordering tickets
directly on location. Physical Evidence or physical evidence has traditional Balinese
building architecture and authentic paintings from Le Mayeur.
Keywords: Museums, Marketing Strategy, Tourist Characteristics
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:49 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/598 |