MARIA ANGELINA AYU RATNA DEWI, - (2023) STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP PADA SAMM’S FARM COFFEE CANGGU, KECAMATAN KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1913081026_Maria Angelina Ayu Ratna Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan dunia pariwisata cukup pesat, dan cenderung dinamis oleh
para wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara untuk melakukan perjalanan
wisata merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pengembangan wisata,
khususnya dari sisi penyedia sarana pariwisata seperti usaha hotel, rumah makan ,
Coffee Shop, jasa perjalanan wisata ataupun sebagainya. Meningkatnya jumlah
perjalanan wisata, maka akan meningkatkan permintaan akan barang dan jasa
pariwisata salah satunya adalah Coffee Shop. Banyaknya jumlah Coffee Shop di Bali
menyebabkan persaingan yang semakin ketat serta menuntut setiap pelaku usaha
bisnis kuliner untuk menjadi penyedia jasa yang baik agar dapat menguasai pangsa
pasar dan mengoptimalkan profit perusahaan. Secara tidak langsung menuntut para
pelaku untuk memberikan inovasi sehingga semakin beraneka ragamvalue yang
mereka tawarkan untuk dinikmati para penikmat kuliner. Seiring jalannya waktu
banyaknya Coffee Shop di Bali membuat para pembisnis makanan harus
mempertahankan keunggulan bersaing usahanya. Keunggulan bersaing diraih
dengan mengajukan penawaran yang lebih memuaskan wisatawannya
dibandingkan pesaingnya. Keunggulan bersaing ini sangat penting bagi suatu usaha
dalam mempertahankan wisatawan dan keberadaannya. Penelitian tentang Strategi
Pemasaran Coffee Shop pada Samm’s Farm Coffee Canggu, Kecamatan Kuta Utara,
Kabupaten Badung membahas tiga permasalahan yaitu (1) Produk yang ditawarkan
oleh Samm’s Farm Coffee (2) Strategi Pemasaran produk yang dilakukan oleh
Samm’s Farm Coffee dalam menigkatkan kunjungan wisatawan (3) Tingkat
kepuasan wisatawan terhadap strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh
Samm’s Farm Coffee.
Permasalah diatas dikaji dengan beberapa teori: teori manajemen, teori
bauran pemasaran 7P (marketing mix) dan teori prilaku konsumen. Dalam
memperoleh data menggunakan beberapa metode: metode observasi, wawancara,
kuesioner, berupa accidental sampling, studi kepustakaan dan dokumentasi
kemudian data di analisis dengan menggunakan matrik IFAS, EFAS dan analisis
SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan di
Samm’s Farm Coffee sangat beraneka ragam. Selain itu terdapat juga promo khusus
seperti discount yang diadakan pada hari tertentu. Karakteristik wisatawan yang
berkunjung ke Samm’s Farm Coffee didominasikan wisatawan Rusia denganjenis
kelamin dan rentan usia 25 - 35 tahun. Berdasarkan sumber informasi wisatawan
yang berkunjung paling banyak dari informasi internet. Analisis SWOT dapat
dirumuskan sebagai berikut: pengoptimalan strategi pemasaran yang dilakukan
baik melalui offline ataupun menggunakan media sosial, peningkatan kinerja dan
pelayanan karyawan, penentuan harga produk yang disesuaikan dengankondisi dan
sasaran serta perencanaan dalam menghadapi kompetitor.Tingkat kepuasaan
wisatawan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah puas.
Kata kunci: Coffee Shop, strategi pemasaran, kepuasan wisatawan
ABSTRACT
The development of the world of tourism is quite rapid, and tends to be
dynamic for tourists, both foreign and domestic, to travel, which is both an
opportunity and a challenge for tourism development, especially from the
perspective of providing tourism facilities such as hotels, restaurants, coffee shops,
travel services and so on. . The increasing number of tourist trips will increase
demand for tourism goods and services, one of which is the Coffee Shop. The large
number of Coffee Shops in Bali causes increasingly tight competition and requires
every culinary business actor to become a good service provider in order to control
market share and optimize company profits. Indirectly, it requires actors to provide
innovation so that the variety of values they offer can be enjoyed by culinary
connoisseurs. As time goes by, the number of Coffee Shops in Bali means that food
business people have to maintain the competitive advantage of their businesses.
Competitive advantage is achieved by proposing offers that are more satisfying to
tourists than competitors. This competitive advantage is very important for a
business to maintain tourists and its existence. Research on Coffee Shop Marketing
Strategy at Samm's Farm Coffee Canggu, North Kuta District, Badung Regency
discusses three problems, namely (1) Products offered by Samm's Farm Coffee (2)
Product marketing strategies carried out by Samm's Farm Coffee to increase tourist
visits (3 ) The level of tourist satisfaction with the marketing strategies that have
been implemented by Samm's Farm Coffee.
The above problem is studied using several theories: management theory,
7P marketing mix theory and consumer behavior theory. In obtaining data, several
methods were used: observation methods, interviews, questionnaires, in the form of
accidental sampling, literature study and documentation, then the data was
analyzed using IFAS, EFAS matrices and SWOT analysis.
The results of this research show that the products offered at Samm's Farm
Coffee are very diverse. Apart from that, there are also special promotions such as
discounts held on certain days. The characteristics of tourists who visit Samm's
Farm Coffee are dominated by Russian tourists, gender and aged 25 - 35 years.
Based on the source of information, tourists who visit mostly come from internet
information. SWOT analysis can be formulated as follows: optimizing marketing
strategies carried out either offline or using social media, improving employee
performance and service, determining product prices that are adjusted to
conditions and targets and planning to face competitors. The level of tourist
satisfaction obtained from the research results is satisfied.
Keywords: Coffee Shop, marketing strategy, tourist satisfaction
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:49 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/601 |