NI MADE ARY DAMAYANTI, - (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TOKOH ARJUNA DI SD NEGERI 5 KAWAN KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103112_Ni Made Ary Damayanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171103112_Ni Made Ary Damayanti.pdf]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103112_Ni Made Ary Damayanti.pdf
Download (3MB)
Abstract
Abstrak
Tujuan pendidikan karakter adalah untuk meningkatkan mutu
penyelenggaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian
pembentukan karakter atau akhlak mulia peserta didik. Penanaman pendidikan
karakter melalui cerita tokoh menjadi salah satu jalan efektif untuk menjangkau
siswa khususmya pada sekolah dasar.
Masalah yang dibahas: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter
melalui tokoh Arjuna di SD Negeri 5 Kawan Kabupaten Bangli, 2) Apa saja
kendala-kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter
melalui tokoh Arjuna di SD Negeri 5 Kawan Kabupaten Bangli, 3) Apa saja nilai-
nilai karakter melalui tokoh Arjuna di SD Negeri 5 Kawan, Kabupaten Bangli.
Tujuan Penelitian: (1)Implementasi pendidikan karakter melalui tokoh Arjuna di
SD Negeri 5 Kawan, Kabupaten Bangli,(2)Kendala-kendala yang dihadapi guru
dalam implementasi pendidikan karakter melalui tokoh Arjuna di SD Negeri 5
Kawan, Kabupaten Bangli,(3)Nilai-nilai karakter melalui tokoh Arjuna di SD
Negeri 5 Kawan, Kabupaten Bangli.
Teori yang digunakan adalah teori behavioristik, teori belajar kognitif dan
teori nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan
dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1)Implementasi pendidikan karakter yang
dibahas mulai dari nilai pendidikan karakter, analisis implementasi pendidikan
karakter melalui tokoh Arjuna yang meliputi nilai religius, disiplin, kerja keras,
kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, peduli sosial dan tanggung jawab. (2)Kendala yang
dihadapi guru: kendala internal dan kendala eksternal (3)Nilai-nilai pendidikan
karakter tokoh Arjuna fokus pada nilai-nilai pendidikan karakter yang terdiri dari:
nilai religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, peduli sosial
dan tanggung jawab.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Tokoh Arjuna
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:51 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/640 |