STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM JARINGAN SISWA DI SD NO. 2 MUNGGU KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2020-2021

NI NYOMAN AYU APRIANI, - (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM JARINGAN SISWA DI SD NO. 2 MUNGGU KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2020-2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103118_NI NYOMAN AYU APRIANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi guru dalam
meningkatkan minat dan motivasi belajar dalam jaringan siswa di SD No. 2
Munggu, (2) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat dan motivasi
belajar dalam jaringan siswa di SD No. 2 Munggu, (3) Upaya yang dilakukan guru
untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar dalam
jaringan siswa di SD No. 2 Munggu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teori behaviorisme, teori konstruktivisme, dan teori progresivisme. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul
dianalisis dengan metode kualitatif yaitu yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi guru dalam meningkatkan minat
dan motivasi belajar dalam jaringan siswa di SD No. 2 Munggu dimulai dari tahap
persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan hal yang
dilakukan guru yaitu: menyusun perangkat pembelajaran, memilih dan menguasai
bahan ajar. Pada tahap pelaksanaan guru menggunakan pendekatan, metode, model,
maupun media dan sumber belajar yang tepat dan bervariasi. Strategi yang
dirancang guru bertujuan agar siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar siswa.
(2) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar
dalam jaringan siswa di SD No. 2 Munggu berasal dari faktor siswa, faktor guru,
faktor sekolah, dan faktor keluarga. (3) Upaya yang dilakukan guru untuk
mengatasi kendala dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar dalam jaringan
siswa di SD No. 2 Munggu adalah penggunaan media pembelajaran yang
bervariasi, memberikan kuota gratis, memahami karakteristik siswa, guru
mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran, memberikan penugasan
untuk mengatasi keterbatasan waktu dalam pembelajaran daring, dan melakukan
kerjasama dengan orang tua siswa.
Kata kunci : Strategi Guru, Minat Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:56
Last Modified: 23 Jun 2025 02:56
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item
View Item