NI MADE PUSPITAYANTI, - (2021) IMPLEMENTASI GERAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PERERENAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103120_Ni Made Puspitayanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Pendidikan Karakter merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk
individu yang berprestasi dan berwawasan budaya. Terjadinya fenomena wabah
Covid-19 menyebabkan pelaksanaan program kegiatan pendidikan karakter di
Sekolah Dasar Negeri 1 pererenan menjadi kurang maksimal. Namun pendidikan
karakter di tengah pandemi Covid-19 dapat terlaksana dengan lebih baik melalui
kerjasama antara orang dewasa disekitar siswa, melalui Gerakan Penguatan
Pendidikan Karakter.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Implementasi
Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di tengah pandemi Covid-19 pada siswa
Sekolah Dasar Negeri 1 Pererenan, 2) Strategi yang dilakukan dalam Gerakan
Penguatan Pendidikan Karakter di tengah pandemi Covid-19 pada siswa Sekolah
Dasar Negeri 1 Pererenan, 3) Implikasi Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter
di tengah pandemi Covid-19 pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Pererenan. Teori
yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori kontruktivisme, teori
behaviorisme, dan teori karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik
penentuan informan penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Metode
pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan
studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi Gerakan Penguatan
Pendidikan Karakter di tengah pendemi Covid-19 pada siswa Sekolah Dasar
Negeri 1 Pererenan yang dapat dianalisis yakni (1) Gerakan Penguatan Pendidikan
Karakter oleh guru, (2) Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter oleh orang tua,
(3) Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter oleh masyarakat. 2) Strategi yang
dilakukan dalam Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di tengah pandemi
Covid-19 pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Pererenan yakni (1) sinergisitas guru
dan orang tua, (2) optimalisasi penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi,
(3) internalisasi nilai-nilai karakter, (4) pengembangan aktivitas positif. 3)
Implikasi Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di tengah pandemi Covid-19
pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Pererenan yaitu: (1) nilai religius, (2) nilai
nasionalis, (3) nilai mandiri, (4) nilai gotong royong, dan (5) nilai integritas.
Kata Kunci : Implementasi, Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:01 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:01 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/644 |