PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI 5 KAWAN, KELURAHAN KAWAN, KABUPATEN BANGLI

NI WAYAN SAMPE, - (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI 5 KAWAN, KELURAHAN KAWAN, KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103121_Ni Wayan Sampe.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan program strategis jangka panjang yang harus
mampu menjawab kebutuhan dan tantangan nadional dan global pada saat sekarang
dan yang akan datang. Mengingat semakin ketatnya tantangan dan perkembangan
lingkungan pada era globalisasi, baik dalam skala nasional maupun internasional
dalam berbagai bidang kehidupan, oleh karenanya, pembangunan pendidikan
merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional yang
diarahkan salah satunya keepada upaya peningkatan mutu pendidikan. Namun
faktanya dalam situasi pandemi Covid-19 ini, proses pendidikan menemui
permasalahan yang sangat kompleks karena tidak dapat melakukan proses
pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran
yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh
penerapan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di
SD Negeri 5 Kawan, Kelurahan Kawan, Kabupaten Bangli. Penelitian ini bertujuan
untuk memverifikasi relevansi peran serta dan upaya-upaya yang dilakukan oleh
para pendidik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tengah situasi pandemi
Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Kawan Kelurahan Kawan,
Kabupaten Bangli. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan uji paired t-test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model problem
based learning terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri 5 Kawan,
Kelurahan Kawan, Kabupaten Bangli. Model problem based learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri 5 Kawan, Kelurahan Kawan,
Kabupaten Bangli. Praktisi pendidikan, khususnya pihak-pihak yang terlibat dalam
pembelajaran disarankan untuk menggunakan model problem based learning
sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas
mengingat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model, Problem Based Learning, Covid-19, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:05
Last Modified: 23 Jun 2025 03:05
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item
View Item