STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SISWA DI SD NEGERI 3 TONJA

DESAK PUTU CITRA YULIA NINGSIH, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SISWA DI SD NEGERI 3 TONJA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103124_Desak Putu Citra Yulia Ningsih.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Abstrak

Strategi pembelajaran matematika berkaitan erat dengan pembentukan rasa
ingin tahu dan mandiri siswa. Jika strategi pembelajaran yang digunakan tepat
maka proses pembelajaran akan lebih bermakna dan tujuan pembelajaran dapat
tercapai maksimal. Strategi pembelajaran tidak hanya berpengaruh pada ranah
intelektual, namun juga mampu membentuk karakter. Dengan demikian
diharapkan karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa dapat terbentuk.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa
ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja?, 2) Apa saja kendala yang
dihadapi dalam penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan
karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja?, dan 3)
Bagaimana upaya-upaya mengatasi kendala dalam penerapan strategi
pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu dan
mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk
mengetahui penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan
karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja, 2) Untuk
mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pembelajaran
matematika dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa di SD
Negeri 3 Tonja, dan 3) Untuk mengetahui upaya-upaya mengatasi kendala dalam
penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa
ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori
konstruktivisme, teori kognitif dan teori motivasi. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
dipersiapkan beberapa hal yakni instrument penelitian, data yang terkumpul
kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi
pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu dan
mandiri siswa dengan menerapkan pendekatan, metode dan model pembelajaran.Kendala yang dihadapi guru yaitu kesulitan dalam penggunaan metode
pembelajaran, kesulitan dalam penggunaan alat peraga dan kesulitan mengelola
kelas. Adapun upaya-upaya yang dilakukan guru adalah berinovasi dalam
pembelajaran, mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dan menetapkan
peraturan kelas.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Matematika, Karakter Rasa Ingin Tahu dan Mandiri, Guru, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:10
Last Modified: 23 Jun 2025 03:10
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item
View Item