LUH MADE ARI YUDANI, - (2021) PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 6 KESIMAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103131_Luh Made Ari Yudani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Abstrak
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memberikan dampak terhadap
berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Hal ini mengakibatkan diterapkannya
pembelajaran daring (dalam jaringan) tanpa adanya tatap muka secara langsung
antara guru dan siswa. Ada beberapa metode dan model pembelajaran yang dapat
digunakan salah satunya adalah metode resitasi (penugasan). SD Negeri 6
Kesiman sendiri dalam masa pandemi Covid-19 mempergunakan metode resitasi
dalam pembelajaran daring. Penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran
daring tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri, serta adanya
kendala-kendala dalam penerapannya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan
latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1)
Bagaimana bentuk pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran daring pada
masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 6 Kesiman, (2) Apa saja faktor penghambat
dari penerapan metode resitasi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi
Covid-19 di SD Negeri 6 Kesiman (3) Bagaiman dampak penerapan metode
resitasi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 6
Kesiman
Landasan teori yaitu kognitivisme dari Jean Pigaet dan Motivasi dari
Abraham Maslow. Metode penelitian Penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 6 Kesiman. Jenis dan sumber
data yaitu jenis data kualitatif sedangkan sumber data yaitu data primer dan
sekunder. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket.
Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif terdiri, reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) bentuk pelaksanaan metode
resitasi dalam pembelajaran daring terdiri atas tiga tahap yaitu (a) tahap persipan,
(b) tahap pelaksanaan, dan (c) tahap tindak lanjut. 2) Faktor penghambat
pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran daring yaitu (a) fasilitas
teknologi yang belum memadai, (b) Kuota internet yang belum tersedia maksimal,
(c) koneksi jaringan internet/sinyal yang tidak stabil, dan (d) kondisi keluarga
yang kurang harmonis dan supportif. 3) Dampak penerapan metode resitasi dalam
pembelajaran daring yaitu (a) siswa menjadi jenuh, serta (b) menurunnya
keaktifan dan nilai siswa.
Kata Kunci : Metode Resitasi, Pembelajaran Daring, Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:20 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:20 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/648 |