NI LUH PUTU PARAMITA SARI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INSAN PRESTASI SCHOOL TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103132_Ni Luh Putu Paramita Sari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Abstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan
hampir di semua aspek kehidupan manusia. Selain membawa manfaat bagi
kehidupan manusia, di satu sisi perubahan tersebut juga membawa kita pada era
persaingan global yang semakin ketat. Model pembelajaran Generatif merupakan
salah satu model pembelajaran yang menjadikan pembelajaran IPA menjadi lebih
bermakna serta dapat menciptakan iklim pembelajaran kontruktivis dengan asumsi
dasar bahwa pengetahuan dibangun dalam pikiran siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan multimedia
terhadap kepuasan belajar IPA pada siswa kelas IV di SD Insan Prestasi School.
Dalam model pembelajaran Generatif siswa sendirilah yang lebih aktif secara
mental membangun pengetahuannya, sedangkan guru lebih berperan sebagai
fasilitator dan mediator dalam pembelajaran.
Jenis penelitian yang dilakukan ialah kuantitatif eksperimen semu dan
rancanganya non-equivalent control group design. Pada desain ini ada sampel
eksperimen dan sampel kontrol. Sampel yang digunakan adalah dua kelompok
kelas 4 SD Insan Prestasi School. Setelah dilakukan penelitian pada kelas IV SD
Insan Prestasi School diperoleh hasil yaitu adanya perbedaan rerata kuisioner
tingkat kepuasan belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan
menggunakan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Multimedia dengan
siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Hal tersebut didapat dari
perbandingan mean setelah diberikan angket kedua kelompok. Kelompok
eksperimen memiliki mean 119.79 lebih tinggi dari nilai mean kelompok kontrol
96.429 hasil pengujian uji ANAVA angket kepuasan belajar IPA didapat Fhitung =
21.348 kemudian dibandingkan dengan Ftabel = 4.03, sehingga Fhitung > Ftabel.
Sehingga terjadi penolakan H0. Maka dapat disimpulkan Model Pembelajaran
Generatif Berbantuan Multimedia berpengaruh signifikan terdahap kepuasan
belajar IPA pada siswa kelas IV SD Insan Prestasi School Tahun Ajaran 2020/2021.
Kata kunci : Model Pembelajaran Generatif, Kepuasan Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:41 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:41 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/649 |