NI NENGAH WIDYAWATI SRI SUKMAYONI, - (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 5 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103133_Ni Nengah Widyawati Sri Sukmayoni.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Pandemi Covid 19 telah berdampak pada berbagai bidang, tanpa
terkecuali pada bidang pendidikan. Situasi ini menyebabkan berubahnya
pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka menjadi
dilaksanakan di rumah yang dilakukan secara daring. Perubahan ini tentunya
tidak hanya membuat siswa merasa belum siap. Guru pun merasakan hal yang
sama. Karena dalam pembelajaran ini banyak sekali permasalan-permaslahan
yang dihadapi.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimana proses pelaksanaan kelas daring pada pembelajaran tematik di SD
Negeri 5 Kawan Bangli, 2) Apa saja problematika atau permasalahan yang
dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kelas daring pada pembelajaran tematik
di SD Negeri 5 Kawan Bangli, 3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk
mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring pada
pembelajaran tematik di SD Negeri 5 Kawan Bangli.
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah Teori
Behaviorisme, Teori Kognitif, dan Teori Motivasi. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, studi
kepustakaan, dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan langkah-
langkah reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa. 1) pada proses pembelajaran
tematik yang berlangsung yang dilaksanakan secara daring atau online. Guru
melakukan beberapa proses seperti perencanaan (menyiapkan RPP, handphone,
media pembelajaran online berupa whatsapp grup, buku, video pembelajaran dan
media lainnya), pelaksanaan (penyampaian materi menggunakan pendekatan
saintifik, metode tanya jawab serta pemberian tugas), dan evaluasi (pengumpulan
tugas berupa foto melalui whatsapp grup kemudian guru memeriksa tugas siswa
dan menuliskannya di laporan). 2) problematika yang dihadapi guru dalam
pelaksanaan kelas daring adalah kurangnya penguasaan teknologi yang dimiliki
guru, Kurang stabilnya koneksi jaringan internet, kurangnya pendampingan orang
tua saat peserta didik belajar online, sehingga menyebabkan beberapa siswa
menjadi kurang disiplin, perbedaan tingkat pemahaman setiap peserta didik. 3)
upaya mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas
daring pada pembelajaran tematik di SD Negeri 5 Kawan Bangli yaitu dengan
meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi, Kelonggaran waktu
dalam pengiriman tugas, Guru bekerjasama dengan orang tua peserta didik,
Memberikan bimbingan serta motivasi terhadap peserta didik.
Kata Kunci : Problematika Guru, Kelas Daring, Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:47 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:47 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/650 |