IMPLEMENTASI AJARAN TAT TWAM ASI DALAM MENUMBUHKAN RASA TANGGUNGJAWAB SISWA KELAS VI DI SDN 3 KAWAN KABUPATEN BANGLI

DEWA AGUNG ARY MAHARDIKA BD, - (2021) IMPLEMENTASI AJARAN TAT TWAM ASI DALAM MENUMBUHKAN RASA TANGGUNGJAWAB SISWA KELAS VI DI SDN 3 KAWAN KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103136_Dewa Agung Ary Mahardika Bd.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Etika merupakan cabang filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang
menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Ajaran etika dalam Agama
Hindu juga disebut susila yang salah satu ajarannya ialah Tat Twam Asi. Ajaran
Tat Twam Asi merupakan ajaran etika sosial tanpa batas. Saya adalah kamu, dan
sebaliknya kamu adalah saya, dan segala makhluk adalah sama sehingga
menolong orang lain berarti menolong diri sendiri dan menyakiti orang lain
berarti pula menyakiti diri sendiri. Salah satu yang harus ditumbuhkan oleh guru
yaitu sikap tanggungjawab seperti tidak telat menyetor tugas dan mematuhi
peraturan yang ada di setiap sekolah. Sikap tanggungjawab ini adalah salah satu
dari 18 nilai karakter yang teradapat dalam dunia pendidikan.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain, (1) Bagaimana bentuk
implementasi ajaran Tat Twam Asi dalam menumbuhkan rasa tanggungjawab
siswa kelas VI di SDN 3 Kawan Kabupaten Bangli, (2) Bagaimana strategi
penerapan ajaran Tat Twam Asi dalam menumbuhkan rasa tanggungjawab siswa
kelas VI di SDN 3 Kawan, (3) Bagaimana dampak dari implementasi ajaran Tat
Twam Asi dalam menumbuhkan rasa tanggungjawab siswa kelas VI di SDN 3
Kawan. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah : teori
Kontruktivisme dikembangkan oleh Jean Piaget. Subjek penelitian ini adalah guru
dan siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi
kepustakaan, dan dokumen melalui informan dari objek yang diteliti.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bentuk implementasi
ajaran Tat Twam Asi dalam menumbuhkan rasa tanggungjawab siswa kelas VI di
SDN 3 Kawan Kabupaten Bangli dimulai dari Mendengarkan penjelasan/nasehat
guru, Saling menghormati antarsiswa, dan Tolong menolong. (2) Strategi
penerapan implementasi Ajaran Tat Twam Asi dalam menumbuhkan rasa
tanggungjawab siswa kelas VI di SDN 3 Kawan Kabupaten Bangli, yaitu
menggunakan Metode Ceramah, Metode Pembiasaan, Reward (Hadiah), dan
Punishment (Hukuman). (3) Pelaksaan implementasi ajaran Tat Twam Asi dalam
menumbuhkan rasa tanggungjawab siswa kelas VI di SDN 3 Kawan Kabupaten
Bangli tentunya memiliki dampak antara lain Dampak Kognitif, Dampak Afektif,
dan Dampak Psokimotor.
Kata Kunci : Implementasi Ajaran Tat Twam Asi, Tanggungjawab Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:54
Last Modified: 23 Jun 2025 06:54
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item
View Item