LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2020/2021

KADEK TRI INDAH LESTARI DEWI, - (2021) LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103144_Kadek Tri Indah Lestari Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak

Literasi matematika merupakan suatu pengetahuan untuk mengetahui dan
menerapkan matematika dasar dalam kehidupan kita sehari-hari. Tuntutan
kemampuan siswa dalam matematika tidak sekedar memiliki kemampuan
berhitung saja, akan tetapi mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah
sehari-hari. Faktnya bahwa tidak semua peserta didik yang menyukai
pembelajaran matematika, kebanyakan peserta didik menganggap bahwa
pembelajaran matematika susah. Oleh karena itu menjadi alasan utama peneliti
untuk mengetahui tingkat literasi matematika peserta didik.
Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
pelaksanaan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan?, 2)
Bagaimana tingkat literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12
Pemecutan?, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat perkembangan literasi
matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan?, 4) Bagaimana upaya
guru dan pihak sekolah dalam menerapkan literasi matematika pada siswa kelas V
SD Negeri 12 Pemecutan?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan
pelaksanaan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan, 2)
Mendeskripsikan tingkat literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12
Pemecutan, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat
perkembangan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan,
4) Mendeskripsikan upaya guru dan pihak sekolah dalam menerapkan literasi
matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori
kognitif, teori behaviorisme, teori motivasi, teori belajar matematika dan teori
belajar sosial. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan
wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan bantuan SPSS dan
triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) literasi matematika pada masa
pandemi dilaksanakan dengan sistem daring, 2) tingkat literasi matematika siswa
kelas V berada pada level 3 PISA, 3) faktor pendukung literasi matematika datang
dari pihak sekolah maupun luar sekolah, sedangkan faktor penghambat literasi
matematika salah satunya yaitu potensi guru, 4) upaya yang dilakukan guru dan
pihak sekolah dalam menerapkan literasi matematika yaitu dengan melatih siswa
tentang literasi matematika pada setiap pembelajarannya.
Kata Kunci: Literasi Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:12
Last Modified: 23 Jun 2025 07:12
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item
View Item