EKSISTENSI YOGA PRANASANTI SEBAGAI MEDIA PENERANGAN AGAMA HINDU DI INSTAGRAM

IDA AYU BULAN GANESHA PASU DEWI, - (2022) EKSISTENSI YOGA PRANASANTI SEBAGAI MEDIA PENERANGAN AGAMA HINDU DI INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813051013_IDA AYU BULAN GANESHA PASU DEWI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sangat pesat, ditandai dengan munculnya berbagai jenis media sosial yang memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling popular digunakan saat ini. Pada dasarnya, Instagram hanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi, namun seiring berjalannya Waktu Instagram digunakan sebagai media untuk memberikan penerangan agama Hindu betapa pentingnya yoga bagi kesehatan. Melalui Instagram seseorang bisa mempertahakan eksistensi diri di bidang yoga dan meraih popularitas. Instagram dengan berbagai fitur seperti instastory menguntungkan seorang pelatih yoga maupun masyarakat untuk memperoleh ilmu melalui media Instagram seperti menjadikan yoga pranasanti terkenal hingga mendapatkan murid untuk diajarkan yoga, hal ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi murid yoga penting bagi kesehatan jasmani dan rohaninya. Dengan demikian, permasalahan yang dibahas di sini adalah: (1) Bagaimana eksistensi yoga Pranasanti sebagai media penerangan agama Hindu di Instagram (2) Apa saja hambatan dalam eksistensi yoga Pranasanti sebagai media penerangan agama Hindu di Instagram (3) Apa dampak dari eksistensi yoga Pranasanti sebagai media penerangan agama Hindu di Instagram Teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah yaitu: (1) teori SMCR, (2) teori agenda setting, (3) teori efek komunikasi massa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang meliputi: metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi pada penelitian ini ada dua yaitu pada media sosial Instagram dan lokasi fisik. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: Teknik observasi, wawancara, kepustakaan. Penelitian ini menemukan (1) Proses komunikasi berjalan dengan efektif ditandai dengan pelatih yoga Ni Luh Manis sebagai sumber informasi menyediakan dan menyampaikan informasi dengan baik, pesan yang disampaikan bersifat informatif, pemanfaatan fitur Instagram secara optimal, respon dari pengikut sangat positif. (2) Eksisitensi yoga Pranasanti sebagai media penerangan agama Hindu di Instagram : menonjolkan kegiatan yoga sehari - hari menampilkan konten positif, memberikan informasi menarik, berbaur dengan pengikut, konsisten. (3) Dampak dari strategi komunikasi yang diterapkan berdasarkan dua pendekatan. Pertama, efek dari media massa itu sendiri menghasilkan efek ekonomis, sosial, penjadwalan kegiatan sehari-hari, efek penyaluran atau penghilang perasaan tertentu, efek perasaan seseorang terhadap media. Kedua, perubahan yang terjadi pada khalayak menghasilkan, efek kognitif, efek afektif dan behavioral.
Kata Kunci: Eksistensi Yoga, Yoga Pranasanti, Media Penerangan, Instragram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:51
Last Modified: 21 Oct 2025 01:51
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item
View Item