STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SARANA UPACARA MELALUI MEDIA INSTAGRAM WULAN’S BAMBU

DESAK AYU ASTITI ARY, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SARANA UPACARA MELALUI MEDIA INSTAGRAM WULAN’S BAMBU. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813061003_DESAK AYU ASTITI ARY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Persaingan yang sangat serius di media, maka diperlukan strategi komunikasi pemasaran sarana upacara yang tepat agar mampu mempertahankan bisnis lewat pesan atau konten yang akan dipasarkan. Hal ini dilakukan oleh Wulans Bambu dalam pemasaran sarana upacara agar mampu mempertahankan persaingan dalam ancaman pebisnis dan dapat membentuk branding yang baik. Disinilah pentingnya peranan strategi komunikasi untuk mampu bersaing di dunia bisnis online yang sudah menjadi tren dimasa kini. Hal itu dilakukan agar pemilik Wulans Bambu mampu mempertahankan persaingan dalam ancaman pebisnis dan dapat membentuk branding yang baik. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran sarana upacara melalui Instagram Wulan’s Bambu? (2) Apa saja hambatan strategi komunikasi pemasaran sarana upacara melalui media Instagram Wulan’s Bambu? (3) Apakah dampak dari strategi komunikasi pemasaran sarana upakara melalui media Instagram Wulan’s Bambu? Penelitian ini menggunakan teori untuk membedah rumusan masalah yaitu (1) teori bauran pemasaran dari Kotler & Armstrong (2) teori Decoding-Encoding Stuart Hall. Lokasi penelitian ini di akun media Instagram Wulan’s Bambu. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual, sedangkan sumber data yang digunakan berupa data primer yaitu berdasarkan informan dan teks visual dan data sekunder yaitu dokumen – dokumen dari sumber penelitian. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menemukan (1) strategi komunikasi pemasaran sarana upacara melalui media Instagram Wulan’s Bambu dengan menyajikan produk seperti memberikan kemasan yang berbeda, penyajian harga yang dilakukan dapat dilakukan lewat direct message, promosi yang dilakukan menggunakan jasa selebgram dan sponsorship, dan tempat pemesanan yang dapat dilakukan melalui aplikasi whatapp (2) hambatan strategi komunikasi pemasaran sarana upacara melalui media Instagram Wulan’s Bambu yaitu hambatan waktu yang terjadi pasa postingan video, target audiens yang disasarkan tidak semua membeli produk Wulan’s Bambu, dan hambatan mekanis sering terjadi yaitu pada gangguan jaringan internet (3) dampak strategi komunikasi pemasaran sarana upacara melalui media Instagran yaitu dominan reading pembeli menolak untuk membeli, negotiated reading ini pembeli menawar harga tetapi jadi untuk membeli produk, oposional reading yang dilakukan yaitu pembeli tidak jadi mengambil pesanan dan mendapatkan pujian dari pembeli atau informan Wulan’s Bambu.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Media Instagram, Sarana Upacara, Wulan’s Bambu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:52
Last Modified: 21 Oct 2025 01:52
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item
View Item