STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERTENUNAN IKAT PELANGI SIDEMEN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

I GUSTI AYU DEWI DIAH HARINI, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERTENUNAN IKAT PELANGI SIDEMEN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813061008_I GUSTI AYU DEWI DIAH HARINI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Pertenunan Ikat Pelangi yang sudah berdiri sejak 1978, yang menjadi salah satu pelaku usaha menjual kain endek dengan menggunakan Instagram sebagai media promosi yang diharapkan mampu meningkatkan penjualan secara signifikan, namun upaya tersebut belum terlalu membuahkan hasil, hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran pengguna terhadap keberadaan brand dari Pelangi ini. sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana proses komunikasi pemasaran yang dilakukan Pertenunan Ikat Pelangi dengan konsep IMC. Berdasarkan masalah peniliti menarik tiga rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Pertenunan Ikat Pelangi di instagram; 2) Apa saja hambatan dan peluang dari proses komunikasi pemasaran di instagram; 3) Apa saja implikasi yang didapat dari proses komunikasi pemasaran di instagram. Penelitian ini dibedah menggunakan tiga teori, yaitu 1) Teori IMC untuk membedah rumusan masalah pertama; 2) Teori analisis matrix SWOT untuk membedah rumusan masalah kedua; 3) Teori efek komunikasi massa untuk membedah rumusan masalah ketiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan dan observasi, dimana penentuan informannya menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah : 1) Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan menggunakan konsep IMC tiga pilar yaitu a) audience- focused yaitu dengan fokus pada audiens internal dan eksternal; b) channel- centered yaitu menggunakan elemen pemasaran internet marketing, direct marketing, dan personal selling; serta c) Result-driven yaitu mengevaluasi elemen komunikasi pemasaran yang dilakukan Pertenunan Ikat Pelangi. 2) Kendala dan peluang menggunakan analisis SWOT, yaitu a) Strenght yang dimiliki adalah produksi kain dengan ATBM dan benang 100% katun; b) Weakness yang dimiliki adalah kurangnya pembuatan konten trend dan digital marketing kurang paham mengelola instagram; c) Opportunity dengan bekerjasama dalam pembuatan seragam di instansi pemerintahan; dan d) Threats yaitu pandainya competitor membuat konten, dan menjual produk dengan harga murah. 3) Implikasi yang diperoleh dari komunikasi pemasaran, yaitu a) Implikasi kognitif pada konsumen dengan bertambahnya pengetahuan mengenai proses pembuatan kain dengan ATBM; b) Implikasi afektif pada konsumen dengan merespon dan like postingan video proses pembuatan kain endek dengan ATBM; c) Implikasi behaviorisme yaitu keputusan pembeli untuk membeli kain endek; dan d) Implikasi media sosial dengan bertambahnya followers di instagram akibat dari pemasaran secara internet marketing dan direct marketing.
Keyword : Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Pertenunan Ikat Pelangi, dan Brand Awaraness.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:56
Last Modified: 21 Oct 2025 01:56
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item
View Item