SAYU DIAH WISMAYANI, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RESTORAN RUMPIS KITCHEN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1813061019_SAYU DIAH WISMAYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak bagi aspek kehidupan utamanya dampak ekonomi yang menyebabkan beberapa perusahaan gulung tikar. Namun, salah satu perusahaan yang tetap mampu bertahan di masa pandemi yakni Restoran Rumpis Kitchen. Hal ini tentunya tidak lepas dari strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hal tersebut, permasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaiman Implementasi strategi komunikasi pemasaran restoran rumpis kitchen dalam mempertahankan bisnis pada masa pandemi Covid-19? (2) Apa saja hambatan strategi komunikasi pemasaran Restoran Rumpis Kitchen dalam mempertahankan bisnis pada masa pandemi Covid-19? (3) Bagaimana implikasi strategi komunikasi pemasaran Restoran Rumpis Kitchen dalam mempertahankan bisnis pada masa pandemi Covid-19? Teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: (1) Teori komunikasi pemasaran terpadu, (2) Teori hambatan komunikasi, dan (3) Teori Depedensi dan efek media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Restoran Rumpis Kitchen. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan yakni dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Adapun temuan hasil penelitian adalah: (1) Implementasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Restoran Rumpis Kitchen yakni dengan menerapkan 6 elemen dari komunikasi pemasaran terpadu, 6 elemen tersebut di antaranya: (a) Periklanan, dengan menggunakan media Instagram dan endorsment (b) Pemasaran langsung, melalui telemarketing serta situs webstie (c) Promosi penjualan berupa pemberian discount, produk gratis dan giveaway (d) Penjualan pribadi melalui pegawai (e) Pemasaran Interaktif melalui fitur Instagram (f) Hubungan masyarakat dengan adanya publikasi, kompetesi serta kegiatan
pelayanan masyrakat. (2) Hambatan dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran pada Restoran Rumpis Kitchen yakni berupa hambatan kondisi lingkungan akibat penerapan PPKM dan hambatan konsumen dalam menerima pesan akibat kurangnya respon dari komentar konsumen. (3) Implikasi dari penerapan strategi komunikasi pemasaran di Restoran Rumpis Kitchen yakni konsumen yang mengalami perubahan yakni dampak kognitif, afektif dan behavioral.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Bisnis, Pandemi Covid-19
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:57 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:57 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/694 |

