NI KETUT SUKRAWATI, - (2021) IMPLEMENTASI TUTOR SEBAYA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 4 KUBU BANGLI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103146_Ni Ketut Sukrawati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Abstrak
Pada awal tahun 2020, dunia dikagetkan dengan adanya wabah virus covid-
19. Dampak virus ini hampir ke semua sektor, salah satunya adalah sektor
pendidikan sehingga pemerintah mengambil kebijakan dengan menerapkan
pembelajaran daring. Di SD Negeri 4 Kubu, pembelajaran daring kelas tinggi (kelas
IV, V dan VI) dilakukan melalui WhatsApp dengan membentuk kelompok tutor
sebaya.
Masalah yang dibahas : (1) Bagaimana langkah-langkah tutor sebaya?, (2)
Bagaimana minat belajar siswa melalui tutor sebaya?, (3) Apa saja kendala-kendala
dalam implementasi tutor sebaya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)
Langkah-langkah tutor sebaya, (2) Minat belajar siswa melalui tutor sebaya, (3)
Kendala-kendala implementasi tutor sebaya. Metode yang digunakan adalah
metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara,
studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis
dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah-langkah tutor sebaya dilakukan
dengan penyiapan materi pembelajaran oleh guru, pembahasan materi
pembelajaran dalam WhatsApp group kelas dan dilanjutkan dengan pembelajaran
kelompok tutor sebaya. Hasil evaluasi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa
melebihi kreteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan. Hal ini
menunjukkan minat belajar siswa tumbuh melalui pembelajaran tutor sebaya. (2)
Minat belajar siswa dikatakan tumbuh, didasarkan pada beberapa indikator yaitu :
adanya perasaan senang siswa, ketertarikan siswa, perhatian siswa dan keterlibatan
siswa dalam melakukan pembelajaran tutor sebaya. (3) Kendala-kendala dalam
implementasi tutor sebaya didasarkan pada dua faktor yaitu : faktor internal (faktor
kesehatan, kecerdasan atau intelegensi siswa, dan rasa malas), faktor eksternal
(fasilitas (handphone), kuota internet, jaringan internet, dan lingkungan).
Kata kunci : Tutor Sebaya, Minat Belajar, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:53 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/696 |