STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HETEROKU_COMPUTER_BALI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN CUSTOMER DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

NI PUTU LUSYADEWI, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HETEROKU_COMPUTER_BALI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN CUSTOMER DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813061023_NI PUTU LUSYADEWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Strategi komunikasi pemasaran merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh toko maupun perusahaan untuk memperkenalkan barang maupun jasa yang ditawarkan demi mencapai tujuan yang diharapkan, dengan menggunakan dua cara yaitu secara online maupun offline. Perkembangan zaman yang didukung dengan berkembangnya teknologi yang begitu pesat memunculkan sebuah tren baru yaitu memasarkan barang maupun jasa secara online melalui internet menggunakan media yang disebut dengan media sosial untuk menjangkau target pasar dengan mudah. Heteroku Computer Bali begitu memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, yaitu melakukan strategi komunikasi pemasaran secara online melalui media sosial Instagram. Banyaknya toko maupun perusahaan yang membuka usaha secara online serta adanya bermunculan dampak negatif dari penggunaan media sosial sebagai media pemasaran, menjadikan toko Heteroku harus mampu mendapatkan serta meningkatkan kepercayaan customer melalui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan di media sosial Instagram. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran heteroku_computer_bali dalam meningkatkan kepercayaan customer di media sosial Instagram? (2) Bagaimana persepsi customer dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran heteroku_computer_bali dalam meningkatkan kepercayaan customer di media sosial Instagram? (3) Bagaimana dampak strategi komunikasi pemasaran heteroku_computer_bali dalam meningkatkan kepercayaan customer di media sosial Instagram? Teori yang digunakan untuk membahas rumusan masalah yaitu, teori bauran komunikasi pemasaran, atribusi, serta dependensi dan efek media. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu pada media sosial Instagram Heteroku Computer Bali dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik penentuan informan. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta studi kepustakaan. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa: (1) toko Heteroku menerapkan empat komponen bauran komunikasi pemasaran dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran yaitu periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan dan yang terakhir yaitu melakukan penjualan personal ketika ada customer yang datang secara langsung ke toko. (2) dari penerapan strategi komunikasi tersebut mampu memunculkan persepsi dari khalayak terhadap toko Heteroku berdasarkan faktor personal dan faktor situsional mengenai kepercayaan customer terhadap toko Heteroku Computer Bali. (3) dampak dari penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Heteroku melalui media sosial Instagram terlihat dari perubahan yang terjadi pada khalayak yaitu perubahan segi kognitif, afektif, dan perilaku. Dari penerapan strategi komunikasi pemasaran tersebut, toko Heteroku terbukti mampu menarik perhatian khalayak sehingga memunculkan rasa percaya dalam diri khalayak terhadap toko Heteroku.
Kata Kunci:Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Kepercayaan Customer

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:57
Last Modified: 21 Oct 2025 01:57
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item
View Item