NI LUH ARIANI, - (2022) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOS HAND WASH (STUDI KASUS DI SUPERMARKET TIARA DEWATA). Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1813061037_NI LUH ARIANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
Keputusan pembelian merupakan elemen yang penting bagi perusahaan untuk keberlangsungan suatu ekonomi. Oleh karena itu untuk menjaga suatu perusahaan agar tetap bertahan perlu dilakukan komunikasi pemasaran yang tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam memasarkan produk SOS Hand Wash di Supermarket Tiara Dewata, bagaimana keputusan pembelian produk SOS Hand Wash di Supermarket Tiara Dewata, dan bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian produk SOS Hand Wash di Supermarket Tiara Dewata. Penelitian ini menggunakan mix method sequential exploratory dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pada penelitian kualitatif penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak empat orang. Sedangkan pada penelitian kuantitatif teknik penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Selanjutnya untuk penelitian kuantitatif Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan, maka didapatkan hasil penelitian bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam memasarkan produk SOS Hand Wash di Supermarket Tiara Dewata yaitu, advertising, personal selling, direct marketing, sales promotion dan public relation. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif kuantitatif variabel komunikasi pemasaran (X) mendapatkan persentase sebesar 85,81% dan variabel keputusan pembelian (Y) produk SOS Hand Wash di Supermarket Tiara Dewata secara keseluruan berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 87,84%. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 7% dan sisanya sebesar 93% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak berkaitan pada penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini, berdasarkan dari penelitian yang dilakukan maka tujuan akhir pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian Produk SOS Hand Wash di Supermarket Tiara Dewata.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian, SOS Hand Wash, Tiara Dewata.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:57 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:57 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/701 |

