STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA PAKSEBALI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI MASA PANDEMI COVID-19

NI WAYAN AMIYANTI, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA PAKSEBALI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813061042_NI WAYAN AMIYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 memberikan efek yang sangat besar terutama di sektor pariwisata salah satu yang terdampak kerugian adalah Desa Wisata Paksebali. Pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan kunjungan wisatawan di Desa Wisata Paksebali. Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan maka diperlukannya strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran merupakan suatu proses dan upaya atau rencana yang dipergunakan oleh sebuah perusahaan dalam menunjukan produk barang atau jasa yang akan dijual. Desa Wisata Paksebali tentunya memiliki strategi komunikasi pemasaran tersendiri untuk menarik minat pengunjung atau wisatawan, salah satunya memasarkan produk yang dimiliki dengan media online. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana rencana dan implementasi komunikasi dalam proses pemasaran Desa Wisata Paksebali?, (2) Apakah faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran di Desa Wisata Paksebali dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan pada masa pandemi Covid-19?, (3) Apakah dampak strategi komunikasi pemasaran terhadap daerah tujuan Desa Wisata Paksebali dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah yaitu: (1) teori strategi komunikasi, (2) teori bauran pemasaran, (3) teori S-O-R. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi pada penelitian ini yaitu di Desa Wisata Paksebali Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan penggunaan dokumen. Adapun temuan hasil penelitian adalah: (1) Desa Wisata Paksebali melakukan perencanaan, pengimplementasian serta evaluasi untuk strategi komunikasi yang efektif sebelum dilakukannya promosi pada media online. (2) Faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran meliputi product, price, place dan promotion yang akan menjadi faktor penghambat serta faktor pendukung Desa Wisata Paksebali, (3) Dampak strategi komunikasi pemasaran Desa Wisata Paksebali dilihat dari perubahan khalayak yaitu efek kognitif, afektif, dan behavioral. Selain itu, strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Desa Wisata Paksebali tidak mampu menarik wisatawan yang lebih banyak yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Desa Wisata, Wisatawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:57
Last Modified: 21 Oct 2025 01:57
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item
View Item