NI MADE SARI PRADNYA DEWI, - (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA PURA TAMAN AYUN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PASCAPANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1813061020_NI MADE SARI PRADNYA DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA PURA TAMAN
AYUN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG
PASCAPANDEMI COVID-19
Pandemi Covid-19 memberikan efek yang sangat besar terutama di sektor
pariwisata salah satu yang terdampak kerugian adalah Wisata Pura Taman Ayun.
Pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan kunjungan wisatawan di Pura
Taman Ayun. Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan maka
diperlukannya strategi komunikasi pemasaran. Berdasarkan hal tersebut,
permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana penerapan
strategi komunikasi pemasaran Wisata Pura Taman Ayun dalam upaya
meningkatkan pengunjung pasca pandemi Covid-19? (2) Apa saja hambatan
dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran Wisata Pura Taman Ayun dalam
upaya meningkatkan jumlah pengunjung pasca pandemi Covid-19? (3)
Bagaimana implikasi strategi komunikasi pemasaran Wisata Pura Taman Ayun
dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung pasca pandemi Covid-19.
Teori yang digunakan membedah rumusan masalah dalam penelitian ini
yakni : (1) Teori Bauran Promosi, (2) Teori Hambatan Komunikasi, (3) Teori
Efek Komunikasi Massa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Wisata Pura Taman
Ayun. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder
teknik penentuan informan yakni dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni denga melakukan
observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.
Adapun temuan hasil penelitian adalah: (1) penerapan strategi komunikasi
pemasaran yang dilakukan Wisata Taman Ayun yakni menerapkan 6 mode dari
komunikasi bauran promosi atau promotion mix, 6 mode tersebut diantaranya : (a)
iklan (advertising), (b) promosi penjualan (sales promotion), (c) acara dan
pengalaman, (d) hubungan masyarakat, (e) pemasaran online, (f) word of mouth.
(2) Hambatan dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran pada Wisata Pura
Taman Ayun yakni dimana pemasaran dari pura taman ayun masih menggunakan
metode sederhana yaitu dengan promosi mulut ke mulut atau WOM. (3) Implikasi
dari penerapan di Wisata Pura Taman Ayun yakni pengunjung yang mengalami
perubahan yakni dampak efektif, kognitif dan behavioral.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pariwisata, Pandemi Covid 19
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Unnamed user with username isma |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:59 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:59 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/716 |

