ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN VARIASI MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SAAT DARING KELAS IV DI SD NEGERI 3 DALUNG

KADEK LAKSMI PARAMITA DEWI, - (2021) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN VARIASI MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SAAT DARING KELAS IV DI SD NEGERI 3 DALUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103153_Kadek Laksmi Paramita Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak

Keterampilan dasar sangat penting untuk dikuasai oleh guru. Salah satu
dari keterampilan yang harus dikuasai oleh guru yaitu keterampilan mengadakan
variasi pembelajaran. Keterampilan mengadakan variasi adalah suatu kegiatan
guru dalam konteks proses interaksi pembelajaran yang ditujukan untuk
menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar, meningkatkan motivasi dalam
mempelajari sesuatu. Mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar meliputi
tiga aspek, yaitu variasi gaya mengajar, variasi dalam penggunaan media dan
bahan pengajaran, dan variasi dalam interaksi antar guru dan siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang dikaji dalam penelitian ini yakni. (1)
Bagaimanakah keterampilan guru dalam menerapkan variasi mengajar pada mata
pelajaran IPA saat daring kelas IV di SD Negeri 3 Dalung. (2). Apa sajakah
kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan variasi mengajar pada
mata pelajaran IPA saat daring kelas IV di SD Negeri 3 Dalung. (3).
Bagaimanakah respon siswa terhadap guru dalam menerapkan variasi mengajar
pada mata pelajaran IPA saat daring kelas IV di SD Negeri 3 Dalung.
Teori yang digunakan dalam menganalisis rumusan masalah adalah teori
progresivisme, teori konstruktivisme, teori behavioristik. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi
kepustakaan dan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1). Penerapan variasi mengajar
guru yaitu penerapan variasi gaya mengajar, penerapan variasi penggunaan media
dan alat peraga, penerapan variasi pola interaksi, (2). Kendala yang dihadapi
yaitu, dari faktor siswa, faktor guru, faktor sekolah, (3). Respon siswa terhadap
guru dalam menerapkan variasi mengajar meliputi respon positif dan respon
negatif.
Kata Kunci: Keterampilan mengajar, guru, variasi mengajar, pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:31
Last Modified: 07 Aug 2025 02:31
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item
View Item