PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR NO. 2 GETASAN KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG

NI WAYAN ELIS DIANTARI, - (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR NO. 2 GETASAN KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103159_Ni Wayan Elis Diantari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar membutuhkan pemahaman konsep dan
hafalan materi, sehingga siswa membutuhkan motivasi belajar agar pembelajaran
IPA dapat berjalan dengan baik. Penggunaan media pembelajaran dapat
meningkatkan motivasi belajar IPA bagi siswa di Sekolah Dasar No. 2 Getasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis media pembelajaran,
strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran dan dampak penggunaan
media pembelajaran dalam proses belajar IPA. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori dual coding
dan teori kontruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di
Sekolah Dasar No. 2 Getasan. Metode yang digunakan adalah observasi,
wawancara, kepustakaan, dan dokumen. Penentuan sampel menggunakan teknik
purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Jenis media yang digunakan dalam
proses belajar IPA adalah media visual dan media audio visual. Media visual yang
digunakan dalam proses belajar IPA pada kelas IV yaitu: (a) Media kolase kupu-
kupu, (b) Media daur hidup tumbuhan, (c) Media cakram warna, dan (d) Media
poster hemat energi. Media visual yang digunakan dalam proses belajar IPA pada
kelas V yaitu: (a) Media torso rangka tubuh manusia dan (b) Media anatomi tubuh
manusia. Media audio visual yang digunakan dalam proses belajar IPA pada kelas
IV yaitu: (a) Media alat musik tradisional. Media audio visual yang digunakan
dalam proses belajar IPA pada kelas V yaitu: (a) Video siklus air. (2) Strategi
guru yang digunakan ialah (a) Persiapan sebelum menggunakan media yaitu
kegiatan guru sebelum proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran.
(b) Penyajian media yaitu serangkaian kegiatan guru pada saat proses belajar
dengan menggunakan bantuan media pembelajaran. (c) Kegiatan tindak lanjut
yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memantapkan pemahaman siswa mengenai
materi yang dibahas dengan mengadakan evaluasi. (3) Dampak penggunaan
media pembelajaran yaitu (a) Menumbuhkan motivasi belajar siswa, (b)
Meningkatkan kreativitas siswa, (c) Meningkatkan hasil belajar siswa, dan (d)
Meningkatkan prestasi sekolah.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:43
Last Modified: 07 Aug 2025 02:43
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item
View Item