NI LUH GEDE ELI PUSPITA SARI, - (2021) PEMBELAJARAN SBdP DALAM ASPEK SENI TARI PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 2 BATURITI KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103161_Ni Luh Gede Eli Puspita Sari.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Melalui pembelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) yang diberikan di
sekolah, dapat dijadikan sebagai dasar pendidikan dalam membentuk jiwa dan
kepribadian yang berakhlak mulia. Pembelajaran seni tari dapat digunakan
sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi dasar motorik halus yang
sesuai dengan masa perkembangan peserta didik di sekolah dasar yang bersifat
polos, unik, dinamis, kreatif, dan spontanitas. Akan tetapi di masa pandemi seperti
ini, semua pembelajaran berlangsung secara daring untuk mencegah terjadinya
penularan virus corona atau Covid-19.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah
pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2
Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (2) Apa kendala yang
dihadapi pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di
SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (3) Bagaimana
upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada pembelajaran SBdP dalam
aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan
Kerambitan Kabupaten Tabanan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui
pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2
Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (2) Mengetahui kendala
yang dihadapi pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi
di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, (3)
Mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada pembelajaran
SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi di SD Negeri 2 Baturiti
Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori: (1) Teori
Perkembangan Kognitif, Teori Behaviorisme, dan Teori Konstruktivisme. Metode
pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, Studi
Kepustakaan, dan Dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif,
Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 2 Baturiti Kecamatan Kerambitan
Kabupaten Tabanan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran SBdP
dalam aspek seni tari pada masa pandemi dilaksanakan melalui tiga komponen
yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (2) Kendala yang
dihadapi pada pembelajaran SBdP dalam aspek seni tari pada masa pandemi
meliputi kendala guru, kendala siswa, dan kendala orang tua. (3) Upaya yang
dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu mengirimkan video pembelajaran,mengirimkan PowerPoint, kunjungan ke siswa, dan bantuan kuota dari
pemerintah.
Kata kunci: pembelajaran, SBdP, seni tari, masa pandemi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:57 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/723 |