KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 KLUNGKUNG

KADEK SOMA KURNIAYANTI, - (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 KLUNGKUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1913061039_KADEK SOMA KURNIAYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Anak berkebutuhan khusus bagaikan mutiara yang membutuhkan kasih
sayang, bimbingan dan pendidikan khusus yang baik agar dapat tumbuh menjadi
pribadi yang mandiri dan berharga seperti mutiara, tidak terbatas pada dunia
kekurangan fisik atau mental belaka (Asrori 2020). Berdasarkan uraian di atas,
permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana bentuk
komunikasi interpersonal Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar
Biasa Negeri 1 Klungkung? 2. Bagaimana hambatan komunikasi interpersonal
Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus dalam proses pembelajaran berlangsung di
Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Klungkung? 3. Bagaimana solusi mengantasi
hambatan komunikasi interpersonal Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus di
Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Klungkung?. Teori yang digunakan untuk membedah
rumusan masalah yaitu: (1) Teori Komunikasi Interpersonal, (2) Teori Akomodasi
Komunikasi, (3) Teori Tindakan Komunikatif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Lokasi pada penelitian ini yaitu di SLB Negeri 1 Klungkung. Jenis dan
sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik penentuan
informan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara, studi kepustakaan.
Adapun temuan hasil penelitian adalah: 1. Komunikasi interpersonal antara
guru dan anak berkebutuhan khusus adalah aspek yang sangat penting dalam
pendidikan inklusif. Untuk membangun komunikasi yang efektif siswa diarahkan
untuk dapat memahami bahasa isyarat berstandar nasional sebagai dasar
pembelajaran dan menyamakan cara komunikasi 2. Hambatan komunikasi
interpersonal guru dan anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran dapat
disimpulkan bahwa terdapat beberapa hambatan diantaranya perbedaan
kemampuan dan karakteristik pada tiap-tiap siswa yang menimbulkan perbedaan
pemahaman. 3. Koordinasi dengan orang tua merupakan salah satu solusi yang
penting untuk menjalankan strategi pemahaman komunikasi. Orang tua memiliki
pemahaman mendalam tentang kebutuhan, minat, dan karakteristik individu anak
mereka. Selain itu dengan memanfaatkan teknologi yang ada terdapat aplikasi yang
dapat membantu siswa dalam mengenal kata serta benda sekitar dan bentuk
isyaratnya.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Anak Berkebutuhan Khusus, Bahasa Isyara

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:59
Last Modified: 21 Oct 2025 01:59
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item
View Item