PENGARUH YOGA ASANAS TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA TIGA SAMPAI LIMA TAHUN DI SANGGAR GEMBIRA BELAJAR KELURAHAN TONJA DENPASAR UTARA

NI LUH AYU FATMINI, - (2023) PENGARUH YOGA ASANAS TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA TIGA SAMPAI LIMA TAHUN DI SANGGAR GEMBIRA BELAJAR KELURAHAN TONJA DENPASAR UTARA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1912111 011_NI LUH AYU FATMINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Anak adalah anugrah Tuhan yang merupakan keturunan sebagai cikal bakal penerus generasi baru dikeluarga. Usia tiga sampai lima tahun merupakan fase ketika anak mengalami proses identifikasi dini, yaitu proses pengadopsian secara menyeluruh norma yang ada dalam kehidupan orang tuanya. Pada masa ini pula terbentuknya dasar dasar kopribadian manusia, dan mengingkatya kemampuan otak untuk memiliki ketrampilan berbahasa, herbicara, motorik, bertingkah laku sosial dan emosi. Yoga anak dapat dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia tiga sampai lima tahun. Yoga tidak hanya melakukan sebuah gerakan tetapi merupakan keseimbangan antara motorik halus dan motorik kasar. Rumusan masalah yang sesuai dengan latar belakang yang pertama bagainana tata laksana yoga asanas untuk perkembangan anak usia tiga sampai lima tahun dan rumusan yang kedua bagaimanakah pengaruh yoga asanas terhadap perkembangan anak usia liga sampai lima tahun.
Tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh yoga asanas terhadap perkembangan anak usia tiga sampai lima tahun, adapun tujuan khususnya untuk menganalis pengaruh yoga asanas terhadap kemampuan motorik halus, motorik kasar, kemampuan bicara dan bahasa dan kemampuan bersosialisasi dan kemandirian. Yoga asanas yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi 1.Vraksasana (gerakan pohon), 2. Bhujanggasana (gerakan ular kobra), 3. Majariäsana (sikap kucing), 4, Mandukasana (gerakan seperti katak), 5.
Sukhasana (bersila). Perkembangan anak adalah kematangan secara bioligis baik dalam kemampuan motorik halus, motorik. kasar, bicara dan bahasa, dan kemampuan bersosialisasi dan kemandirian. Hipotesa terdiri atas pernyataan adanya atau tidak adanya pengaruh antara dua variabel yaita variabel bebas dengan variabel terikat. Dengan Ha diterima atau berpengaruh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasy experimental design sampel dalam penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Jumlah sampel adalah 30 orang dengan 15 kelompok kontrol dan
15 Kelompok eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini secara observasi dan secara kuesioner dengan memberikan 10 pertanyaan kepada sampel sesuat pedoman kpsp. Uji yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji paired campel t-test dengan menggunakan program SP5S version 26 for windows. Hasil uji normalitas didapatkan hasil normal pada kelompok eksperimen dengan hasil 0,68 dan pada kelompok kontrol tidak normal 0,012 ≤ 0,05. Hasil uji paired sampel t-test didapatkan hasil 0,000 pada kelampok eksperimen. Nilai signifikan adalah p< 0,005 sehingga tes awal dan akhir mengalami perubahan signifikan yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima artinya adanya pengaruh yoga asanas terhadap perkembangan anak.

Kata Kunci : Yoga Asanas, Perkembangan anak usia tiga sampai lima tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Brahma Widya > S1 - Yoga Kesehatan
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:00
Last Modified: 21 Oct 2025 02:00
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item
View Item