STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 SUMERTA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

IDA AYU BINTANG DWIYANTI, - (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 SUMERTA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103163_Ida Ayu Bintang Dwiyanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter sangatlah penting dilakukan untuk membentuk karakter dan
akhlak mulia peserta didik, walaupun ada beberapa hambatan yang terjadi dalam
pembelajaran daring, pembentukan karakter harus tetap dilaksanakan. Oleh sebab
itu, guru serta bantuan dari berbagai pihak dalam menerapkan strategi mengajar
yang tepat dalam mendisiplinkan siswa mengerjakan sesuatu, memberikan umpan
balik terhadap tugas yang dikerjakannya, membiasakan siswa melakukan hal yang
positif serta nasehat yang tepat kepada siswa sehingga dapat memotivasi siswa
dalam mengerjakan tugas sekolah maupun tugas di rumah dengan baik, serta
memiliki dan menerapkan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah strategi guru
dalam pembentukan karakter siswa pada pembelajaran daring di SDN 1 Sumerta
Denpasar?, 2) Apa saja karakter yang nampak dari penerapan strategi guru pada
pembelajaran daring di SDN 1 Sumerta Denpasar?, 3) Apa saja hambatan dalam
pembentukan karakter siswa pada pembelajaran daring di SDN 1 Sumerta
Denpasar?. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori
Karakter Thomas Lickona dan teori Behaviorisme. Metode pengumpulan data
menggunakan metode 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokmentasi, dan 4) Studi
Kepustakaan. Adapun hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini 1)
Gambaran Umum lokasi penelitian : Sejarah SDN 1 Sumerta, Letak Geografis SDN
1 Sumerta, Visi dan Misi SDN 1 Sumerta, Keadaan Sarana dan Prasarana, Keadaan
Guru, Pegawai, dan Siswa SDN 1 Sumerta, Struktur Organisasi SDN 1 Sumerta. 2)
Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa pada pembelajaran daring di SDN
1 Sumerta : Pemberian Tugas dengan Umpan Balik, Kegiatan Pembiasaan,
Pemberian Nasehat. 3) Karakter yang nampak pada siswa dari penerapan strategi
guru pada pembelajaran daring : Religius, Jujur, Mandiri, Kreatif, kerja Keras,
Disiplin, Bertanggung jawab, Peduli Sosial, Peduli Lingkungan, Toleransi,
Bersahabat/Komunikatif, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Semangat
Kebangsaan, dan Cinta Tanah Air. 4) Hambatan dalam pembentukan karakter siswa
pada pembelajaran daring : Faktor Siswa, Faktor Lingkungan Belajar, Faktor Orang
Tua, dan Faktor Guru.
Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Siswa, Pembelajaran Daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:36
Last Modified: 11 Aug 2025 02:36
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item
View Item