HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NO.6 GULINGAN TAHUN 2021

I NYOMAN GEDE KUSUMA YUDA, - (2021) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NO.6 GULINGAN TAHUN 2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103165_I Nyoman Gede Kusuma Yuda.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak

Kebiasaan belajar di rumah siswa pada masa pandemi Covid-19 mengalami
penyesuaian dan sedikit perubahan dikarenakan situasi Pandemi Covid-19 yang
melanda Indonesia. Siswa harus mulai membentuk kebiasaan belajar baru seperti
dalam pelaksanaan pembelajaran, pembuatan catatan, dan mengerjakan tugas-tugas
sekolah yang dimana siswa sepenuhnya harus belajar di rumah secara daring. Siswa
harus bisa menyesuaikan diri pada saat proses pembelajaran tematik agar hasil
belajar siswa tidak menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)
kebiasaan belajar siswa di rumah pada masa pandemi Covid-19, 2) hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik, 3) hubungan kebiasaan belajar di rumah pada
masa pandemi Covid-19 dengan hasil belajar tematik siswa kelas V SD No.6
Gulingan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan sampel penelitian
siswa kelas V SD No.6 Gulingan yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan
teknik sampel jenuh. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket untuk mengukur tingkat kebiasaan belajar siswa di rumah
pada masa pandemi Covid-19 serta tes pilihan ganda dalam pembelajaran tematik
pada ranah kognitif tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, subtema 1 Organ
Gerak Hewan. Hasil analisis menunjukkan, 63,3% siswa mendapatkan skor angket
kebiasaan belajar di rumah dengan kategori tinggi, 40% siswa memperoleh hasil
belajar termatik dengan kategori baik, dan terdapat hubungan antara kebiasaan
belajar di rumah pada amasa pandemi Covid-19 dengan hasil belajar tematik siswa
sebesar 0,786 dengan kategori kuat dengan didapat rhitung sebesar 0,786 > rtabel 0,361
dengan signifikansinya 0,000 < 0,05.
Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, bentuk kebiasaan belajar di
rumah pada masa pandemi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil
belajar tematik siswa, karena menunjukkan hubungan yang positif. Semakin baik
bentuk kebiasaan belajar siswa di rumah pada masa pandemi Covid-19, maka
semakin tinggi pula hasil belajar yang didapat oleh siswa, begitupula sebaliknya.
Maka dari itu, pentingnya pembentukan kebiasaan belajar di rumah yang baik agar
hasil belajar yang didapatkan siswa juga baik.
Kata Kunci : Kebiasaan belajar di rumah pada masa Pandemi Covid-19, hasil belajar tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:41
Last Modified: 11 Aug 2025 02:41
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item
View Item