NI WAYAN RAHAYU MARINI, - (2022) STRATEGI PENGEMBANGA COFFEE SHOP DESA KOPi SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA BARU. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171308103_NI WAYAN RAHAYU MARINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGEMBANGAN COFFEE SHOP DESA KOPI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA BARU KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN
Penelitian tentang pengembangan Coffee Shop Desa Kopi sebagai daya tarik wisata di Desa Baru dengan cara proses pengembangan sebuah daya tarik wisata. Coffee Shop adalah tempat yang menyediakan berbagai jenis kopi, tetapi juga menyediakan minuman non alkohol lainnya maupun berbagai jenis menu makanan. Coffee house tak hanya menawarkan kopi yang khas dan nikmat, tetapi juga menawarkan desain interior yang cantik. Coffee Shop Desa kopi yang bergerak dibidang penyediaan jasa makanan/minuman, selain itu Coffee Shop Desa kopi memiliki berbagai jenis aktivitas untuk wisatawan yang berkunjung, dan nantinya akan diberikan edukasi kepada para wisatawan untuk menanam dan memetik kopi, sampai pengolahan biji kopi siap untuk dinikmati. Memiliki tempat yang strategis serta keindahan alam yang masih asri sangat cocok untuk menjadi daya tarik wisata.
Masalah yang diteliti meliputi : (1) Bagaimana bentuk dari Coffee Shop Desa Kopi sebagai daya tarik wisata di Desa Baru? (2) Apa saja potensi wisata yang ditawarkan Coffee Shop Desa Kopi sebagai daya tarik wisata? (3) Bagaimana strategi pengembangan yang digunakan Coffee Shop Desa Kopi sebagai daya tarik wisata di Desa Baru?
Permasalahan di atas dikaji menggunakan beberapa teori. Teori yang dipakai adalah teori perencanaan, teori 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary Service), dan teori bentuk perusahaan. Selain memakai teori tersebut dalam memperoleh data menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi serta dijabarkan dengan metode deskriptif kualitatif, sehingga diperoleh kesimpulan yang menyeluruh. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis data deskriptif kualitatif, dengan menggunakan matrik IFAS (Internal Faktor Analysis Summary) EFAS (Eksternal Faktor Analysis Summary), dan analisis SWOT.
Coffee shop Desa Kopi ini berbentuk perusahaan swasta yang didirikan perseorangan yang cenderung lebih menonjolkan tentang produk kopi mulai dari pengenalan kebun kopi sampai siap dihidangkan menjadi suguhan yang dinikmati banyak kalangan dan bisa juga dinikmati sambil bersantai (Coffee Shop). Potensi yang dimiliki oleh Coffee Shop Desa Kopi adalah potensi alam yang menonjol dengan diimbangi potensi budaya dan buatan. Keindahan alam serta persawahan yang luas, potensi budaya seperti adanya sanggar tabuh dan tari, serta potensi buatan jalur trekking menuju desa kopi dan spot photo. Dari potensi yang dimiliki bisa menentukan strategi pengembangan untuk selanjutnya. Strategi yang dipilih adalah strategi pengembangan produk dengan penataan dan peningkatan fasilitas pariwisata.
Kata Kunci : Pengembangan, Coffee Shop, Desa Kopi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan |
Depositing User: | ulan |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:55 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/748 |