PANDE PUTU RIVAN, - (2021) PERMAINAN GOALBALL SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN SENSORIK DAN MOTORIK ANAK SEKOLAH DASAR DISABILITAS NETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103167_Pande Putu Rivan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk dapat
terlepas dari belenggu kebodohan. Melalui proses Pendidikan seseorang menempa
diri dan mengasah kemampuan guna menjadi masyarakat yang cerdas dan terdidik.
Pendidikan memberi setitik cahaya terang untuk mengentaskan berbagai masalah dalam kehidupan.Anak dengan gangguan
penglihatan yang disebut juga dengan tuna netra tentunya harus mendapat proses
pendidikan yang
khusus dan sudah dapat dipastikan metode pembelajaranya tidak dapat disamakan dengan gangguan disabilitas lainya apalagi dengan anak yang tanpa gangguan fisik atau
normal.Seperti halnya yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1
Denpasar yang
Merupakan sekolah khusus untuk penyandang disabilitas.Bagi penyandang disabilitas netra, Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Denpasar memberikan suatu permainan
Goalball
Sebagai Upaya untuk melatih perkembangan sensorik dan motorik penyandang disabilitas netra tersebut.
Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan di
Atas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1)
Bagaimana bentuk permaianan Goalball
Untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik anak sekolah dasar disabilitas netra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Denpasar, (2)
Bagaimana peranan permaianan Goalball
Dalam meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik anak sekolah dasar disabilitas netra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Denpasar.
Secara umum tujuan dari penelitian ini,
Adalah untuk mencari sebuah efektivitas dan dampak dari suatu setrategi pembelajaran,
Yakni permaianan Goalball pada anak usia sekolah dasar di SLB N 1
Denpasar, dan secara khusus akan menjelaskan tentang bentuk dan peran permaianan
Goalball
Dalam meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik anak sekolah dasar disabilitas netra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Denpasar
Pada penelitian ini menggunakan teori system dan konvergensi.
Lokasi penelitian difokuskan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Denpasar. Data
yang dipakai bersumber dari keterangan-keterangan yang
dicatat peneliti diperoleh dari informan mengenai permaianan Goalball
dalam meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik anak sekolah dasar disabilitas netra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Denpasar yang merupakan data
primer, sedangkan data
sekundernya menggunakan berbagai literatur terkait. Penentuan informan dengan purposif, adalah merka yang memiliki pengetahuan tentang anak disabilitas, sosiologi,
dan tokoh pendidikan. Pengumpulan data menggunakan penelusuran observasi,
wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Setelah data diperoleh,
dianalisis dengan mereduksi, selanjutnya penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) Proses permaianan
Goalball adalah melalui proses persiapan yang berupa persiapan lapangan, area
Bangku tim, area gol, bola, seragam, dan pemanasan bagi para tim yang
Akan mengikuti permaian. Kemudian dilanjutkan dengan proses
Pelaksanaan permainan Goalbal. Serta pada tahap akhir permaianan Goalball
Akan dilakukan selama 20 atau 24 menit yang
Kemudian satuan waktu tersebut dibagi menjadi dua babak masing-
Masing mendapat waktu 10 sampai 12 menit. Bagi tim yang
Berhasil mencetak skor terbanyak maka merekalah yang
Diputuskan sebagai pemenangnya. (2) Permaianan Goalball
Berperan dalam meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik pada siswa SLB
Negeri 1 Denpasar dalam kaitanya melatih kemampuan menerima pesan,
Mengelola pesan, dan penentuan sikap.
Kata Kunci: Permainan Goalball, Sensorik dan Motorik, Disabilitas Netra
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:09 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:09 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/749 |