PERAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KENONGO KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2020/2021

JUWITA, - (2021) PERAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KENONGO KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103171_Juwita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang peran motivasi orang tua terhadap hasil
belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kenongo Kecamatan Gucialit
Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. Alasan peneliti membahas
masalah ini karena motivasi dari orang tua sangat berperan penting dalam hasil
belajar anak serta anak lebih semangat dalam belajar. Dalam kenyataannya orang
tua siswa sibuk bekerja dan masih memberikan motivasi yang tidak dilakukan
setiap hari, bentuk motivasi orang tua yang diberikan masih bentuk nasehat secara
lisan dan anak masih mendapatkan arahan dari orang tua sehingga anak kurang
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran disekolah maupun dirumah.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana peran
orang tua dalam memberikakn motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri
Kenongo Kecamatn Gucialit Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. 2)
Apakah kendala orang tua dalam memberikan motivasi siswa kelas V SD Negeri
Kenongo Kecamatn Gucialit Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. 3)
bagaimana dampak motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri Kenongo Kecamatn Gucialit Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran
2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peran orang tua ,
memaparkan kendala orang tua dan menguraikan dampak motivasi orang tua
terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teori yang
digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori peran, teori behaviorisme,
dan teori motivasi. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive
Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, studi dokumen, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran yang dilakukan orang tua
dalam pemberian motivasi yaitu orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai
fasilitator, dan orang tua sebagai motivator, adapun bentuk motivasi yang
diberikan kepada anak adalah hadiah, pujian dan hukuman. Berdasarkan analisis
data bahwa peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar sangat baik. 2)
Kendala orang tua dalam pemberian motivasi datang dari faktor anak yaitu kurang
rutinitas anak dalam belajar dan faktor orang tua yaitu pekerjaan orang tua. Upaya
mengatasi kendala yang dihadapi, orang tua sering menasehati setiap hari,
berkerja keras untu memenuhui kebutuhan yang paling utama, memberikan perhatian, dan menyampaikan hal positif dan negatif bermain dilingkungan
masyarakat. 4) dampak motivasi orang tua terhadap hasil belajar dapat dilihat dari
tiga ranah yaitu : a) Ranah Afektif anak menjadi percaya diri pada saat dikelas,
berani bertanya dan menghormati teman bermain serta anggota keluarga b) Ranah
Kognitif anak menjadi cepat mengerti dan mudah menjawab pertanyaan guru c)
Ranah Psikomotorik anak mampu membuat kesimpulan sendiri dalam
pembelajaran dengan kreatif dan berfikir kritis. Selain dampak dilihat dari tiga
ranah tersebut motivasi orang tua berdampak lain seperti anak merasa orang tua
peduli, diperhatikan oleh orang tua, semangat untuk berangkat sekolah dan anak
menjadi disiplin.
Kata Kunci: Motivasi Orang Tua dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:47
Last Modified: 11 Aug 2025 03:47
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item
View Item