IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN BANGLI

NI MADE ULANDARI, - (2021) IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
171103172_Ni Made Ulandari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak

Pendidikan agama Hindu tentunya sangat penting diajarkan dan ditanamkan
pada setiap siswa, Ajaran Tri Kaya Parisudha adalah salah satu ajaran agama
Hindu yang berperan penting dalam membentuk karakter dan tingkah laku siswa
trutama dalam membiasakan untuk berpikir yang baik “Manacika”
, berkata yang
baik “Wacika” dan berbuat perbuatan yang baik “Kayika”. Meskipun dalam
keadaan pandemi covid-19 seperti sekarang ini, sekolah diharapkan mampu untuk
tetap melakukan proses pembelajaran sehingga pengimplementasian ajaran Tri
Kaya Parisudha tetap dapat berjalan. Model pembelajaran yang dapat digunakan
adalah model daring atau dalam jaringan, namun keadaan siswa di SD Negeri 5
Kawan memiliki keadaan siswa yang heterogen atau kondisi sosialnya berbeda-
beda sehingga implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran daring
ini menjadi kurang efektif dikarenkan tidak semua siswa mampu mengikuti
pembelajaran karena beberapa faktor sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimana proses belajar Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran daring
di SD Negeri 5 Kawan? 2) Apa Strategi yang digunakan dalam implementasi
Ajaran Tri Kaya Prisudha dalam Pembelajaran daring di SD Negeri 5 Kawan? 3)
Apa dampak pembelajaran Tri Kaya Parisudha terhadap siswa di SD Negeri 5
Kawan?
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah tersebut adalah
Teori behaviorisme (stimulus dan respon). Penelitian ini mengambil lokasi di SD
Negeri 5 Kawan yang terletak di Br. Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli,
Provinsi Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatf, dan sumber data
adalah data primer dan data sekunder, Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, kepustakaann, dan
dokumentasi. Berdasarkan analisis data maka diperoleh antara lain, proses belajar
Tri Kaya Parisudha mencangkup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap
evaluasi. Kemudian strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi
pembelajaran kognitif dan strategi kooperatif, serta dampak pembelajaran Tri Kaya
Parisudha yakni Meningkatkan Pemahaman Ajaran Tri Kaya Parisudha,
Meningkatkan hasil Belajar siswa dan meningkatkan Sikap dan Perilaku siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Ajaran Tri Kaya Parisudha, dan Pembelajaran
Dalam Jaringan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:52
Last Modified: 11 Aug 2025 03:52
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item
View Item