STRATEGI PEMASARAN PRODUK WISATA BALI ZOO GIANYAR SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

NI KADEK NOPIYANI, - (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK WISATA BALI ZOO GIANYAR SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813081018_NI KADEK NOPIYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak
Pariwisata berperan penting dalam peningkatan devisa negara, pariwisata sangat menjadi roda utama perekonomian Bali sehingga Bali dan pariwisatanya merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bali Zoo sebagai pelengkap daya tarik wisata yang ada di Bali dengan berbagai flora dan fauna yang dimiliki sebagai daya tarik utamanya, namun dengan adanya Pandemi Covid-19 menjadi suatu masalah besar dalam sektor pariwisata yang menyebabkan susahnya penjualan produk wisata. Strategi pemasaran menjadi salah satu aspek yang sangat penting dan perlu untuk diteliti agar mampu mempertahankan dan tetap meningkatkan penjualan produk wisata di berbagai daya tarik wisata walaupun pada masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang belum bisa hilang sampai saat ini menyebabkan pihak manajemen Bali Zoo harus mengambil langkah dalam membuat Strategi Pemasaran Produk wisata yang lebih tepat dan efektif dalam menghadapi situasi saat ini, namun ditengah kesulitan dalam menjual produk wisata akibat pandemi Covid-19 Bali Zoo masih bisa tetap bertahan dalam situasi tersebut.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis tertarik untuk meneliti strategi pemasaran yang digunakan oleh Manajemen Bali Zoo dalam menjual produk wisatanya di masa pandemi dan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu; Apa saja produk wisata yang dimiliki di Bali Zoo Gianyar,Bagaimana Strategi pemasaran produk wisata di Bali Zoo Gianyar sebagai upaya dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi Covid-19 , Faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat dalam strategi pemasaran produk wisata yang ada di Bali Zoo Gianyar pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pemasaran produk wisata yang tepat sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode Mix Methods dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan Grand Strategy yang diperoleh melalui analisis matrik internal-eksternal (IE) berada pada posisi I yang artinya strategi yang digunakan oleh Bali Zoo saat ini berada di Growth Strategy yaitu strategi pertumbuhan, sedangkan berdasarkan analisis SWOT dapat dijabarkan strategi pemasaran produk wisata Bali Zoo Gianyar yaitu sebagai berikut ; Pengoptimalan produk wisata yang bervariasi dengan 6 macam produk yang sudah dimiliki dan ditambah dengan animal presentation yang dilakukan setiap hari, edukatif untuk anak-anak kecil dengan konsep branding yang dimiliki (love,conserve,share) yang juga sekaligus mengajak wisatawan untuk menjaga dan melastarikan berbagai fauna asli indonesia, Mampu beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19 dan meningkatkan pemasaran produk wisata dengan cara mengiklankan produk wisata ke berbagai platform media dengan memanfaatkan kecangihan teknologi digital sehingga lebih banyak orang yang mengetahui produk Bali Zoo walaupun di masa pandemi, Selalu mengutamakan kepuasan wisatawan (voice of costumer) melalui peningkatan kualitas pelayanan kepada wisatawan di masa pandemi
Kata kunci: Strategi Pemasaran,Produk Wisata,Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:03
Last Modified: 21 Oct 2025 02:03
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item
View Item