STRATEGI PEMASARAN TOUR PT GOLDEN RAMA EXPRESS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMESANAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

NI PUTU NOPAYANTI, - (2022) STRATEGI PEMASARAN TOUR PT GOLDEN RAMA EXPRESS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMESANAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813081019_NI PUTU NOPAYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Pariwisata merupakan industri yang memegang peran penting dalam meningkatkan pendapatan masyarakat baik di negara maju maupun negara berkembang. Travel agent menjadi salah satu komponen yang sangat berkaitan erat dengan industri pariwisata dan berperan sebagai penyedia jasa dalam memberikan pelayanan serta informasi bagi wisatawan yang akan melaksanakan perjalanan wisata, Namun adanya pandemi Covid-19, ini mengakibatkan menurunnya perjalanan wisata hal ini menimbulkan dampak besar bagi bisnis Travel Agent di Bali. Pandemi virus corona ini menyebabkan bisnis Travel agent mengalami kesulitan untuk dapat bertahan dan beroperasi hal ini juga dialami oleh PT Golden Rama Express, bagaimanapun keadannya roda perekonomian harus tetap berjalan begitu pula pada PT Golden Rama Express yang masih dapat beroperasi dan bertahan di tengah pandemi Covid-19, sehingga strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Golden Rama Express menjadi salah satu aspek penting serta menarik untuk diteliti agar dapat bertahan dan meningkatkan pemesan tour walaupun di tengah pandemi Covid-19.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu : 1) Apa produk yang ditawarkan di PT Golden Rama Express. 2) Bagaimana strategi pemasaran yang telah diterapkan PT Golden Rama Express sebagai upaya meningkatkan pemesanan tour di tengah pandemi Covid-19. 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran tour PT Golden Rama Express di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang strategi pemasaran tour yang diterapkan oleh PT Golden Rama Express di tengah pandemi Covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dari penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix method) dengan jumlah responden yang digunakan adalah 30 responden untuk wisatawan dan 20 responden kepada staff di PT Golden Rama Express. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yag digunakan adalah Analisis Deskriptif kualitatif, Matriks IFAS dan EFAS, Matriks IE dan Analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan Growth Strategy yang diperoleh melalui analisis matrik internal – eksternal (IE) maka Growth Strategy berada pada posisi II yaitu pada konsentrasi melalui integrasi horizontal, sedangkan berdasarkan analisis SWOT dapat dijabarkan yaitu sebagai berikut; pengoptimalan produk tour yang dimiliki baik untuk produk tour inbound maupun outbound, menjaga kualitas produk tour, mempertahnkan kualitas pelayanan karyawan, mengoptimalkan penggunaan sosial media dalam memasarkan produk tour, beradaptasi dengan situasi dan kondisi, promosi menggunakan sosial ditingkatkan, menyediakan transportasi milik sendiri dalam menunjang pelaksanaan inbound tour, menjalin sinergitas antara usaha jasa perjalanan wisata dengan pemerintah daerah, menyediakan petugas keamanan serta meningkatkan kerjasama dengan pihak – pihak lain seperti airlines.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Tour, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:03
Last Modified: 21 Oct 2025 02:03
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item
View Item