STRATEGI PEMASARAN RESTORAN TAMAN DEDARI UBUD KABUPATEN GIANYAR

PUTU INDAH OSIANI ERAWATI, - (2022) STRATEGI PEMASARAN RESTORAN TAMAN DEDARI UBUD KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813081023_PUTU INDAH OSIANI ERAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan dunia pariwisata cukup pesat, dan cenderung dinamis oleh para wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara untuk melakukan perjalanan wisata merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pengembangan wisata, khususnya dari sisi penyedia sarana pariwisata seperti usaha hotel, rumah makan atau restoran, jasa perjalanan wisata ataupun sebagainya. Meningkatkan jumlah perjalanan wisata, maka akan meningkatkan permintaan akan barang dan jasa pariwisata salah satunya adalah rumah makan atau restoran. Banyaknya jumlah restoran di Bali menyebabkan persaingan yang semakin ketat serta menuntut setiap pelaku usaha bisnis kuliner untuk menjadi penyedia jasa yang baik agar dapat menguasai pangsa pasar dan mengoptimalkan profit perusahaan. Secara tidak langsung menuntut para pelaku untuk memberikan inovasi sehingga semakin beraneka ragam value yang mereka tawarkan untuk dinikmati para penikmat kuliner. Seiring jalannya waktu banyaknya rumah makan atau restoran di Bali membuat para pembisnis makanan harus mempertahankan keunggulan bersaing usahanya. Keunggulan bersaing diraih dengan mengajukan penawaran yang lebih memuaskan konsumennya dibandingkan pesaingnya. Keunggulan bersaing ini sangat penting bagi suatu usaha dalam mempertahankan konsumen dan keberadaannya. Restoran Taman Dedari memiliki keunikan di dalam restoran ini yang membuat wisatawan ingin berkunjung ke restoran ini. Jadi perlu dikaji lagi untuk strategi pemasaran yang dimilikinya sehingga peneliti tertarik untuk meneliti di Restoran Taman Dedar. Penelitian Strategi Pemasaran Restoran Taman Dedari Ubud Kabupaten Gianyar membahas tiga permasalahan yaitu (1) Produk yang ditawarkan oleh Restoran Taman Dedari (2) Strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh Restoran Taman Dedari Ubud dalam meningkatkan kunjungan wisatawan (3) Tingkat kepuasan wisatawan terhadap strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh Restoran Taman Dedari.
Permasalahan diatas dikaji dengan beberapa metode teori: teori manajemen, teori bauran pemasaran 7P (Marketing Mix) dan teori perilaku konsumen. Dalam memperoleh data menggunakan beberapa metode: metode observasi, wawancara, kuesioner berupa accidental sampling, studi kepustakaan dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan pendekatan Internal, Analisis SWOT, serta analisis kepuasan wisatawan yang berkunjung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan di Restoran Taman Dedari sangat beraneka ragam menu serta minuman alcohol dan non alcohol, hingga tersedia dessert. Selain itu terdapat juga promo khusus seperti discount. Karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Restoran Taman Dedari berasal dari beberapa negara maupun kota dosmetik dengan jenis kelamin dan renta usia yang berbeda. Segmen pasar yang paling banyak berkunjung ke Restoran Taman Dedari ini yakni wisatawan dosmetik yang berasal dari Jakarta, Bandung dan rentan usia dari 18 sampai lanjut usia. Berdasarkan motivasi wisatawan yang berkunjung paling banyak dari Ingin mencoba sesuatu yang baru.
Kata kunci : produk restoran, strategi pemasaran, kepuasan wisatawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:04
Last Modified: 21 Oct 2025 02:04
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item
View Item