PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FARMING GARDENING PROJECT TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK DI TK PRATAMA WIDYA PASRAMAN GURUKULA BANGLI

NI WAYAN DAPET, - (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FARMING GARDENING PROJECT TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK DI TK PRATAMA WIDYA PASRAMAN GURUKULA BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911041005_Ni Wayan Dapet.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FARMING
GARDENING PROJECT TERHADAP SIKAP TANGGUNG
JAWAB ANAK DI TK PRATAMA WIDYA PASRAMAN

GURUKULA BANGLI

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang membantu
pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan
dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut sehingga sangat penting
dilakukan. Direktorat PAUD menjelaskan, Bahwa pada pendidikan anak usia dini,
nilai-nilai karakter yang penting dikenalkan dan diinternalisasikan ke dalam
perilaku mereka salah satunya adalah sikap tanggung jawab. Kurangnya sikap
tanggung jawab pada anak dapat dilihat dari hal- hal kecil. Maka dari itu, bahwa
petingnya menstimulus karakter tanggung jawab pada anak usia dini seawal
mungkin.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetagui bagaimana pengaruh
metode pembelajaran farming gardening project terhadap sikap tanggung jawab
anak dan untuk mengetagui apakah ada hubungan antara metode pembelajaran
farming gardening project terhadap sikap tanggung jawab anak di TK Pratama
Widya Pasraman Gurukula Bangli. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen dengan pendekatan kauntitatif. Pada penelitian ini
menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi,
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis. Dengan bantuan program SPSS 25. Berdasarkan
hal diatas diharapkan pengaruh metode pembelajaran farming gardening project .
Hasil dari penelitian ini dapat dilihat melalui hasil uji normalitas
membuktikan bahwa nilai dengan tingkat signifikasi sebesar 0,200, sedangkan
nilai homogenitas signitikansi sebesar 0.420. Uji hipotesis dengan signifikansi (2-
tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol
dan kelas eksperimen.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran farming
gardening project terhadap sikap tanggung jawab anak di TK Pratama Widya
Pasraman Gurukula Bangli.
Kata Kunci: Farming Gardening Project, Sikap Tanggung Jawab, Anak Usia
Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PZ Children's literature
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:04
Last Modified: 21 Oct 2025 02:04
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item
View Item