IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LOKA NANDA DENPASAR UTARA

NI PUTU SUKASIH, - (2023) IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LOKA NANDA DENPASAR UTARA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911041006_NI PUTU SUKASIH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DI TK LOKA NANDA DENPASAR UTARA

NI PUTU SUKASIH

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail : putusukasih33@gmail.com

Abstrak

Pendidikan bagi anak sangatlah perlu untuk di perhatikan karena sebagai
upaya untuk membantu tumbuh kembang anak dan siap untuk memasuki dunia
pendidikan yang lebih lanjut. Perkembangan bicara pada anak usia 5-6 tahun
adalah anak yang dapat berbicara tutur kata dan bahasa sederhana, cara bicara yang
fasih, mudah dipahami dan cukup, mereka mengikuti tata bahasa meskipun mereka
terus membuat kesalahan dalam bahasa tersebut. Salah satu yang penting untuk di
kembangkan yaitu berbicara, karena dengan berbicara anak dapat mengekspresikan
pikiran dan perasaanya sesuai dengan situasi di saat anak berbicara. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan berbicara
pada anak usia 5-6 tahun di TK Loka Nanda, Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi
,wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah
teori Behavioristik dan teori Kooperatif.
Pada saat penelitian dilakukan tingkat keberhasilan anak tentang
menyampaikan maksud (ide, pikiran, gagasan, dan perasaan) lebih meningkat
dibandingkan membuat kalimat sederhana. Hal tersebut terjadi karena beberapa
faktor, salah satunya adalah anak lebih tertarik untuk menyampaikan maksud (ide,
pikiran, gagasan, dan perasaan) dibandingkan dengan membuat kalimat sederhana.
Hal ini terlihat dengan presentase sebesar 87%. Hasil dari penelitian di akhir siklus
menunjukkan bahwa media Big Book dapat digunakan untuk meningkatkan
kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK Loka Nanda Denpasar Utara.
Kata kunci: Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PZ Children's literature
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:04
Last Modified: 21 Oct 2025 02:04
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item
View Item