NI KADEK MIA SAFITRI NI KADEK MIA SAFITRI, - (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN BUKIT BATU KEMBAR SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA AAN KECAMATAN BANJARANGKAN KABUPATEN KLUNGKUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1813081027_NI KADEK MIA SAFITRI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Bukit Batu Kembar memiliki potensi yang bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Berbagai potensi yang dimiliki seperti keindahan panorama alam, menawarkan keindahan perbukitan, gunung dan laut, keunikan tradisi dan budaya. Namun, berbagai potensi tersebut belum digarap secara maksimal sehingga Bukit Batu Kembar ini belum banyak wisatawan yang mengetahui padahal segala potensi yang ada di Bukit Batu Kembar sangat berpotensi untuk dikembangkan karena akan memberikan dampak yang signifikan dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat, maka dari itu perlu adanya solusi atau upaya yang di lakukan seperti strategi pengembangan yang optimal agar daya tarik wisata Bukit Batu Kembar ini bisa lebih berdaya saing dan mampu menarik minat wisatawan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi: (1) Apa saja potensi yang dimiliki Bukit Batu Kembar untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata ?, (2)Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung strategi pengembangan Bukit Batu Kembar sebagai daya tarik wisata ?, (3) Bagaimana strategi pengembangan Bukit Batur Kembar sebagai daya tarik wisata?. Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan teori Perencanaan dan teori Pengembangan Destinasi Wisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method. Jenis analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, matriks IE (Internal Eksternal) dan analisis SWOT dan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penentuan strategi pengembangan potensi Bukit Batu Kembar diawali dengan menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Berdasarkan matriks IE (Internal Eksternal) menyatakan bahwa posisi pengembangan daya tarik wisata Bukit Batu Kembar berada di kuadran I dengan nilai internal 3,191 dan nilai eksternal 3,217. Strategi yang diperlukan untuk mengembangkan Bukit Batu Kembar sebagai daya tarik wisata meliputi strategi mengembangkan dan memodifikasi produk dan jasa yang sudah ada saat ini, meningkatkan media promosi, peningkatkan kerjasama dengan pihak lain, meperluas pasar, dan strategi yang paling penting adalah meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan daya tarik wisata.
Kata kunci: strategi pengembangan, potensi daya tarik wisata.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan |
Depositing User: | ulan |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:04 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/799 |