IDA AYU MADE HERAWATI, - (2023) MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PROJEK ECO ENZYME DI TK PARAMAWANGSA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1911041009_IDA AYU MADE HERAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
ABSTRAK
MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
MELALUI PROJEK ECO ENZYME DI TK PARAMAWANGSA
DENPASAR
IDA AYU MADE HERAWATI
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-mail : hera160508@gmail.com
Anak usia dini adalah fase penting dalam perkembangan anak di mana mereka dapat
belajar secara konkret dan nyata, bukan hanya secara teoritis. Pada usia ini,
perkembangan kepribadian, psikomotorik, kognitif, dan sosial anak menjadi
landasan yang kuat, termasuk juga kesadaran mereka terhadap isu lingkungan untuk
meningkatkan literasi lingkungan. Pembentukan cinta lingkungan pada anak dapat
dilakukan melalui kebiasaan sederhana seperti mengklasifikasikan sampah
berdasarkan jenisnya, membuang sampah pada tempatnya, dan mengolah sampah
menjadi barang berguna, dengan mengimplementasikan tindakan nyata dengan
membiasakan perilaku ramah lingkungan yang berkelanjutan, baik di sekolah, di
rumah, maupun di masyarakat. Projek eco enzyme adalah sebuah inisiatif yang
bertujuan untuk mengolah sampah organik menjadi eco enzyme, sebuah cairan yang
memiliki banyak manfaat, seperti sebagai pembersih alami, pupuk organik, dan
pengendali hama, dengan tujuan untuk mengurangi dampak negatif sampah
terhadap lingkungan dan menjaga keberlanjutan alam. Tujuan penelitian ini adalah
untuk 1).meningkatkan literasi lingkungan anak usia 5-6 tahun di TK
Paramawangsa 2). Menerapkan metode peguatan karakter cinta lingkungan melalui
P5, 3). Anak dapat mengetahui proses pengolahan limbah organik menjadi eco
enzyme. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan, metode
pengumpulan datanya dengan observasi guru selama masa pembelajaran dan
bermain berlangsung. Hasil observasi dicatat dalam lembar observasi. Selain itu,
dokumentasi berupa foto kegiatan juga digunakan sebagai data. Data yang telah
terkumpul kemudian diolah menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang
mendeskripsikan secara rinci proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan
media bahan alam. Dengan demikian, data yang diperoleh dapat dikatakan sah
melalui triangulasi data. Selanjutnya, data yang telah dijelaskan secara rinci juga
disajikan dalam bentuk tabel menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian mengindikasikan betapa pentingnya peningkatan kemampuan literasi
lingkungan pada anak-anak usia dini. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan
dan kesehatan lingkungan alam sekitar, serta mengedukasi anak-anak tentang
pengolahan sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat positif.
Kata Kunci: Meningkatkan literasi lingkungan, projek eco enzyme dan anak
usia dini
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PZ Children's literature |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Unnamed user with username isma |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:05 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 02:05 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/804 |

