I PUTU GEDE JAYA SUNARSA, - (2023) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN DI SD NEGERI 3 BATUBULAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103164_I PUTU GEDE JAYA SUNARSA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan karakter pada dasarnya dapat diintegrasikan dalam
pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Alasan memilih mata pelajaran Tematik
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikarenakan mata pelajaran yang
mempelajari tentang kepribadian, kewarganegaraan dan nilai-nilai Pancasila untuk
memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa dengan mengaitkan dengan
sebuah tema. Oleh karena itu, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka
pelajari itu melalui pengalaman langsung serta menghubungkanya dengan konsep
lain yang sudah mereka pahami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pendidikan karakter
dalam pembelajaran tematik muatan PPKn di SD Negeri 3 Batubulan. Penelitian ini
mengguankan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana
dalam pengambilan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi,
dan studi pustaka agar data yang diperlukan tercukupi.
Hasil penelitian Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Tematik
dengan muatan PPKN di SD Negeri Batubulan terlihat dari adanya peran sekolah
dan guru dalam menerpakan integrasi pendidikan karakter pembelajaran tematik di
SDN 3 Batubulan serta pelaksanaan yang terdiri dari empat tahap yaitu pra
pembelajaran, pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan penutup. Karakter yang
diintegrasikan di SD Negeri 3 Batubulan meliputi 18 nilai-nilai dalam pendidikan
karakter. Dimana dalam mencapai proses pembelajaran tersebut terdapat beberapa
hambatan yang harus dijalani.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Tujuan, Integrasi.
ABSTRACT
Basically character education can be integrated into learning in each
subject. The reason for choosing Pancasila and Citizenship Thematic Education
subjects is because the subjects study personality, citizenship and Pancasila values
to provide meaningful experiences to students by linking them to a theme.
Therefore, students will understand the concepts they learn through direct
experience and relate them to other concepts they already understand.
This study aims to determine the integration of character education in the
thematic learning of PPKn content at SD Negeri 3 Batubulan. This study uses
descriptive analysis techniques with a qualitative approach. Where in collecting
data using interviews, observation, documentation, and literature study so that the
required data is fulfilled.
The results of the research into the integration of character education in
thematic learning with PPKN content at Batubulan State Elementary School can be
seen from the role of schools and teachers in implementing the integration of
thematic learning character education at SDN 3 Batubulan and the implementation
which consists of four stages, namely pre-learning, learning, learning assessment,
and closing. The characters that are integrated in SD Negeri3 Batubulan include
18 values in character education. Where in achieving the learning process there
are several obstacles that must be overcome.
Keywords: Character Education, Purpose, Integration.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:05 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/806 |