PENERAPAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BATURITI

NI PUTU ARI PUSPITA DEWI, - (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BATURITI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811031033_Ni Putu Ari Puspita Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DALAM
MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

NEGERI 1 BATURITI
NI PUTU ARI PUSPITA DEWI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa

Denpasar

E-mail: aripuspita.d20@gmail.com

Kurikulum 2013 memuat seluruh bidang pelajaran didalamnya, yang di
rangkum menjadi satu dalam sebuah Tema, pendidikan multikultural menawarkan
pengajaran yang mengakomodasi berbagai perbedaan dalam wadah yang harmonis,
antaranya dengan penerapan pembelajaran kelompok guna mengembangkan sikap
sosial yakni pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai heterogenitas, pluralitas
dan keberagaman etnik, yang diharapkan menjadi pilar keharmonisan
dimasyarakat. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah dengan adanya
penerapan pembelajaran kelompok diharapkan siswa siswi di SD Negeri 1 Baturiti
memiliki sikap toleransi yang tinggi, kompetensi efektif, kognitif dan psikomotorik
yang seimbang.
Adapun masalah yang akan dibahas, antara lain: (1) Penerapan pembelajaran
kelompok dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V di Sekolah Dasar
Negeri 1 Baturiti. (2) Hambatan dalam membentuk penerapan pembelajaran
kelompok dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V di Sekolah Dasar
Negeri 1 Baturiti. (3) Upaya dalam membentuk penerapan pembelajaran kelompok
dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1
Baturiti.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang
berlokasi di SD Negari 1 Baturiti. Teknik pengumpulan data adalah teknik
observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Data dianalisis
dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan (1) pelaksaan pembelajaran di SD Negeri 1 Baturiti menggunakan pola
pembelajaran tematik yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan kegiatan
penutup, menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan
model pembelajaran kelompok. (2) hambatan dalam penerapan pembelajaran
kelompok pada pembelajaran tematik yang dihadapi oleh guru, siswa, dan sekolah.
(3) upaya dalam membentuk penerapan pembelajaran kelompok pada pembelajaran
tematik kelas V di SD Negeri 1 Baturiti antara lain: mengatur pengelolaan kelas,
memahami karakter siswa, memberi perhatian pada siswa yang kurang
berkonsentrasi.
Kata Kunci: Pembelajaran Kelompok, Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik

ABSTRACT

PENERAPAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DALAM
MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

NEGERI 1 BATURITI
NI PUTU ARI PUSPITA DEWI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa

Denpasar

E-mail: aripuspita.d20@gmail.com

The 2013 curriculum contains all subject areas in it, which are summarized into
one theme, multicultural education offers teaching that accommodates various
differences in a harmonious forum, including the application of group learning to
develop social attitudes, namely learning that upholds the values of heterogeneity,
plurality and diversity. ethnicity, which is expected to be a pillar of harmony in
society. The background of the problem in this study is that with the application of
group learning it is expected that students at SD Negeri 1 Baturiti have a high
tolerance attitude, effective competence, balanced cognitive and psychomotor.
The issues to be discussed include: (1) The application of group learning in
developing the social attitudes of fifth graders at the State Elementary School 1
Baturiti. (2) Obstacles in forming the application of group learning in developing
social attitudes of fifth grade students at State Elementary School 1 Baturiti. (3)
Efforts in establishing the application of group learning in developing the social
attitudes of fifth grade students at the State Elementary School 1 Baturiti.
This type of research is qualitative with a phenomenological approach located
at SD Negeri 1 Baturiti. Data collection techniques are observation, interview,
literature study and documentation study. Data were analyzed using descriptive
qualitative analysis method through data collection, data reduction, data
presentation, and drawing conclusions. The results showed (1) the implementation
of learning in SD Negeri 1 Baturiti using a thematic learning pattern consisting of
preliminary, core, and closing activities, using a learning model with a scientific
approach, and a group learning model. (2) obstacles in implementing group learning
in thematic learning faced by teachers, students, and schools. (3) efforts in
establishing the application of group learning in thematic learning for class V at SD
Negeri 1 Baturiti include: managing class management, understanding student
character, paying attention to students who are less concentrated.
Keyword: Group Learning, Social Attitude, Thematic Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:05
Last Modified: 21 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item
View Item